Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Bercerita dan Pemberian Tugas
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21750Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Pejeng di kelas I yang kemampuan siswanya untuk pembelajaran Bahasa Indonesia masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri 3 Pejeng pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan metode bercerita dan pemberian tugas. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan metode bercerita dan pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 61,50, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 69,50 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,50. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 30,00%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 78,975,004%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I semester I SD Negeri 3 Pejeng tahun pelajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan metode bercerita dan pemberian tugas.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Explicit Instruction, Metode Bercerita Dan Pemberian Tugas
Referensi
Andayani, dkk. 2008. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ernita, Tiara. 2016. Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Banjarmasin . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 6, Nomor 11, Mei 2016
Hernawan, Asep Herry, dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Izzaty, Rita Eka . 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar . Jurnal Psikologi Volume 44, Nomor 2, 2017
Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7-12.
Lubis dan Sugito. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi di Kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. E-Jurnal Gorga Jurnal Seni Rupa Unimed Volume 2 Nomor 1.
M.Sidik, Hasnun, dkk. 2007. Terampil BerBahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX B5I. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Muhsetyo, Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Penjaskes SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Nurkholis . 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013.
Pratiwi, Noor Komari . 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang . Jurnal Pujangga. Volume 1, Nomor 2, Desember 2015
Rianto, Milan. 2005. Metode Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Satori, Djam’an dkk. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif.Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.
Syafi’I, Ahmad. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi . Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018
Trianto 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)