Pengaruh Penggunaan Media Kotak Pas Bangun Ruang Pada Tema Kegemaranku Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.22340Abstrak
Tujuan yang dicapai adalah mendeskripsikan Pengaruh Media Kotak Pas Bangun Ruang pada Tema Kegemaranku terhadap hasil belajar siswa kelas I SDN 1 Karangasem Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN 1 Karangasem Kabupaten Grobogan. Sampel yang diambil adalah siswa dari kelas I SDN 1 Karangasem Kabupaten Grobogan yang berjumlah 14 orang dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil belajar siswa kelas I menggunakan Media Kotak Pas Bangun Ruang pada Tema Kegemaranku, diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 56,43 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 40. Nilai rata-rata posttest sebesar 75,36 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 55. Berdasarkan hasil perhitungan data akhir nilai posttest diperoleh Lhitung = 0,1451 dengan n = 14 dan taraf nyata α = 0,05 atau 5% dari daftar nilai kritis L didapat Ltabel =0,227, karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,1451 < 0,227 maka H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Dari data hasil pretest dan posttest memenuhi kriteria pengujian karena keduanya berdistribusi normal .Berdasarkanuji-t diperoleh thitung > ttabelyaitu 16,466> 1,771. Dengandemikian H0 ditolakdan Haditerima.
Kata Kunci: Kotak Pas Bangun Ruang, Hasil Belajar
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikuto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Haerul. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Volume Bangun Ruang Menggunakan Peraga Benda Konkret Pada Siswa Kelas VI MI Al Bashirah Makasar.
Purwanto, M Ngalim. 2003. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permendiknas. 2013. UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasion
Kadir, & Asroh. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu tematik: Teori, dan Penilaian. Bandung : Alfabeta, cv
Khotimah, Nurul. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Realita Terhadap Hasil Belajar Matemmatika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IV di di SD N Sriwaylangsep Kecamatan Kalirejo. Journal Pedagogi. 8 (5) (2018).
Maslikan. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Dan Kartu Misterius (Kokami) Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Ketuntasan Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Bola Volly Di Kelas Xii Mipa 1 Sma Negeri 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 5 No 2 Tahun 2017
Sulistyanto, Wakit. 2013. Upaya mrningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas IV SD N Kraton Yogyakarta. Journal Student UNY. 2 (14) (2013).
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, Rostiana. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta, cv.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.
Suwangsih, Erna, dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.
Umi, Kenyo Nuswantoro. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang dan Bangun Datar dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Pada Siswa Kelas IV SDIT Miftahussalam Mijen Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)