Sinergitas Kepala Sekolah dengan Komite dalam Membangun Karakter Siswa di SD Negeri 4 Kaliuntu
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24320Kata Kunci:
sinergitas, kepala sekolah, komite, karakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sinergitas Kepala sekolah dengan komite dalam membangun karakter siswa di SD Negeri 4 Kaliuntu Tahun Pelajaran 2015/2016. Sebanyak 224 siswa yang terdiri atas: 112 orang laki-laki dan 112 orang perempuan dipilih sebagai subjek Penelitian. Pengumpulan data menggunakan non tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ditinjau dari skor rata-rata, siklus 1 sebesar 15,33 (dengan kategori cukup) dan siklus 2 sebesar 17,67 (dengan kategori baik). Mengacu pada hal di atas, maka sinergitas kepala sekolah dengan komite mampu membangun karakter siswa SD Negeri 4 Kaliuntu. Oleh karena itu, disarankan kepada guru, kepala sekolah, serta pihak tekait untuk menerapkan sinergitas kepala sekolah dengan komite dalam membangun karakter siswa.Referensi
Acheson dan Gall (1997), “Supervisi Klinis Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas III Dalam Pembelajaran Tematik Di Gugus Cut Nya Dien Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes”
Covey. (2005). Jurnal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Tahun 2005-2010 Sulawesi Utara Sarundajang Tersedia pada Http://digilib.unila.ac.id. Diunduh pada tanggal 28 Maret 2016.
Depdiknas. (2003). Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikanr Nasional . Jakarta: BSNP.
Depdiknas. (2004). Acuan 0perasional dan Indikator Kinerja Komite Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Jakarta: BSNP.
Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah Jakarta: BSNP.
Depdiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
E. Mulyasa, (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
-----------,(2012). Fungsi, Peran, Tugas dan Tanggungjawab Kepala Sekolah. Tersedia pada http://awwals7.blogspot.co.id/2012/12/fungsi-peran-tugas-tanggungjawab-kepala.html.Diunduh pada tanggal 6 April 2016.
-----------,(2015). Upaya Mendisiplinkan Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Tersedia pada http://nurwijayantoz. Wordfress.com.2015. Diunduh pada tanggal 5 Mei 2016.
Kemendikbud, (2013). Panduan Pembinaan Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar buku 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Permadi.Dadi, (2007). Kepemimpinan Trasformasional Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa.
Sagala, (2003). “Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di Smp Negeri 3 andalawangi kabupaten Pandeglang”.
Samhati.Siti, (2007). Sistem Pengelolaan dan Kebijakan Sekolah Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS). Cisarua Bogor: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Untung Sutikno, “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Supervisi Akademik Terprogram Di SDN Randegan 02 Pada Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Usman,1994:3, ”Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In - House Training Pada SMK Bhakti Mulya Sampit”.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)