Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar

Penulis

  • Azin Trihartoto PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24391

Kata Kunci:

model kooperatif, jigsaw, media gambar, hasil belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dukuh 2 Salatiga. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dukuh 2 Salatiga dengan jumlah siswa ada 30. Rancangan atau desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan peneliti adalah menggunakan model PTK Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa. Data diperoleh kemudian diolah secara kuantitatif kemudian dianalisis secara kualitatif berupa kategori pada setiap rentang yang diperoleh. Perolehan data didapatkan dari tiga kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil perolehan data ketuntasan belajar mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus KD 3.9 sebesar 46%, siklus I meningkat menjadi 76,7%, siklus II meningkat menjadi 90%. Slanjutnya untuk KD 3.4 pada pra siklus sebesar 36,7%, siklus I meningkat menjadi 73,3%, siklus II meningkat menjadi 83,3%. Berdasarkan hasil data yang diperoleh membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbantu media gambar khususnya untuk tema 8 “Tempat Tinggalku” benar adanya bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dukug 2 Salatiga.

Referensi

Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: Yrama Widya, 2006), hal. 22

Arief S, Sadiman. Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. ( Jakarta: Rajawali Pers. 2009). hlm.29-33

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2010). hlm. 274.

Asyari. Muslichah. 2006a. Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sainis di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan. Hal.11

Cecep Kusnandi, Bambang Sujtipto. Media Pembelajaran Manual dan Digital. (Bogor: Ghalia Indonesia. 2013). hlm. 41-42

Huda, Miftahul. (2012). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Ppustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komuniasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemendikbud. 2013.Kerangka Dasar Kurikulum 2013.Kementerian Pendidikandan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Jakarta

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. PT. Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Mulyati. 2015. Terampil Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan AjarInovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Richard E Mayer. Multimedia Prinsip-prinsip dan Aplikasi. (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2009). hlm. 95-99

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2015. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru.Rajawali Pers.Jakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hal 220.

Sulistyanto, H, dan Wiyono, E. (2008) Ilmu Pengetahuan Alam: Untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Suprijono. 2015. Cooperative Learning.Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Triyanto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Temati Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Diterbitkan

2020-04-14

Cara Mengutip

Trihartoto, A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar. International Journal of Elementary Education, 4(1), 122–129. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24391

Terbitan

Bagian

Article