Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja Melalui Penerapan Teknik Mind Map
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27819Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan prestasi belajar matematika melalui teknik mind map pada siswa kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai pelaku tindakan, guru sebagai pengamat dan siswa kelas X MIPA 7 yang berjumlah 32 orang sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data prestasi belajar matematika siswa untuk materi pertidaksamaan linier kuadrat dua variabel. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata skor dari hasil tes prestasi belajar matematika siswa. Selain itu dideskripsikan pula ketuntasan belajar dari setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal dihitung berdasarkan banyaknya siswa yang mencapai nilai tuntas berbanding dengan jumlah seluruh siswa dalam kelas. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Ditinjau dari rata-rata hasil tes prestasi belajar pada siklus I meningkat dari reflesksi awal 67,44 menjadi 74,84. Hasil tes prestasi belajar pada siklus I masih di bawah KKM, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata hasil tes prestasi belajar meningkat menjadi 79,16. Ditinjau dari ketuntasan belajar, peningkatan terjadi dari refleksi awal banyak siswa yang tuntas 16 orang (50,00%) meningkat pada siklus I menjadi 21 orang (65,63%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 26 orang (81,25%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik mind map dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
References
Buzan, Tony. 2008. How To Mind Map (Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas). Penerjemah: Eric Suryaputra. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dipayana, I. K. M., Gading, I. K., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Komputasi. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 7(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19466/11529
DePorter, Bobbi., Reardon, Mark., & Singer-Nourie, Sarah. 2005. Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas). Penerjemah: Ary Nilandari. Bandung: Penerbit Kaifa.
DePorter, Bobbi., & Hernacki, Mike. 2000. Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan). Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.
Komaidi, didik dan Wahyu Wijayanti. 2011. Panduan Lengkap PTK.
Yogyakarta: Sabda Media.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)