Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja Melalui Penerapan Teknik Mind Map

Authors

  • I P. A. Y. Anggara Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I P. Wisna Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan prestasi belajar matematika melalui teknik mind map pada siswa kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai pelaku tindakan, guru sebagai pengamat dan siswa kelas X MIPA 7 yang berjumlah 32 orang sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data prestasi belajar matematika siswa untuk materi pertidaksamaan linier kuadrat dua variabel. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata skor dari hasil tes prestasi belajar matematika siswa. Selain itu dideskripsikan pula ketuntasan belajar dari setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal dihitung berdasarkan banyaknya siswa yang mencapai nilai tuntas berbanding dengan jumlah seluruh siswa dalam kelas. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Ditinjau dari rata-rata hasil tes prestasi belajar pada siklus I meningkat dari reflesksi awal 67,44 menjadi 74,84. Hasil tes prestasi belajar pada siklus I masih di bawah KKM, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata hasil tes prestasi belajar meningkat menjadi 79,16. Ditinjau dari ketuntasan belajar, peningkatan terjadi dari refleksi awal banyak siswa yang tuntas 16 orang (50,00%) meningkat pada siklus I menjadi 21 orang (65,63%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 26 orang (81,25%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik mind map dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Author Biographies

I P. A. Y. Anggara Kusuma, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Matematika

I P. Wisna Ariawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Matematika

References

Buzan, Tony. 2008. How To Mind Map (Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas). Penerjemah: Eric Suryaputra. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dipayana, I. K. M., Gading, I. K., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Komputasi. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 7(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19466/11529

DePorter, Bobbi., Reardon, Mark., & Singer-Nourie, Sarah. 2005. Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas). Penerjemah: Ary Nilandari. Bandung: Penerbit Kaifa.

DePorter, Bobbi., & Hernacki, Mike. 2000. Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan). Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Komaidi, didik dan Wahyu Wijayanti. 2011. Panduan Lengkap PTK.

Yogyakarta: Sabda Media.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2020-01-25

How to Cite

Kusuma, I. P. A. Y. A., & Ariawan, I. P. W. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Singaraja Melalui Penerapan Teknik Mind Map. Indonesian Journal of Instruction, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27819