Implementasi Kooperatif NHT Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam

Authors

  • Wayan Fitri Suwandewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27893

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam melalui implementasi model NHT pada Peserta didik kelas X A5 SMK Negeri 2 Singaraja Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X A5 SMK Negeri 2 Singaraja,berjumlah 36 orang. pada siklus I aktivitas belajar siswa didapatkan secara klasikal 7,15 (aktif), dan 8,00 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan pada siklus I yaitu 83,3%(tuntas) dan 100%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Jadi aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas X A5 SMK Negeri 2 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam.

References

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Permendikbud no 65. 2013. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. 1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Undiksha. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Singaraja: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2020-01-25

How to Cite

Suwandewi, W. F. (2020). Implementasi Kooperatif NHT Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam. Indonesian Journal of Instruction, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27893