Implementasi Kooperatif NHT Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27893Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam melalui implementasi model NHT pada Peserta didik kelas X A5 SMK Negeri 2 Singaraja Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X A5 SMK Negeri 2 Singaraja,berjumlah 36 orang. pada siklus I aktivitas belajar siswa didapatkan secara klasikal 7,15 (aktif), dan 8,00 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan pada siklus I yaitu 83,3%(tuntas) dan 100%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Jadi aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas X A5 SMK Negeri 2 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam.References
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Permendikbud no 65. 2013. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyanto. 1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Undiksha. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Singaraja: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)