Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru

Authors

  • I Putu Aditya Tantrayana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • DB. Kt. Ngr. Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32805

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Etos Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Kinerja guru yang belum optimal disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecerdasan emosional dan etos kerja terhadap kinerja guru. Jumlah populasi penelitian yaitu 35 orang guru. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling total sehingga seluruh anggota populasi yang berjumlah 35 orang guru dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dengan melakukan penyebaran kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan teknik analisis regresi linear sederhana untuk uji hipotesis I dan II serta analisis regresi linear berganda untuk uji hipotesis III. Sebelum uji regresi, dilakukan uji asumsi sebagai prasyarat analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,6603 dan besaran kontribusi variabel 43%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan etos kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,6101 dan besaran kontribusi variabel 37%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional dan etos kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,7760 dan besaran kontribusi variabel 60%. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional dan etos kerja terhadap kinerja guru. Kecerdasan emosional dan etos kerja tinggi yang dimiliki guru menjadikan guru mengedepankan hati nurani dalam mengambil sebuah tindakan dan memiliki semangat yang positif di dalam bekerja.

References

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. https://doi.org/10.21009/PIP.312.6. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.312.6

Antara, W. Y., & Sunu, G. K. A. (2015). Kontribusi Supervisi Akademik, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Tabanan. 6(1), 1–10.

Ardana, I. G., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2015). Determinasi Persepsi Guru Pada Kepemimpinan Kepala Sekolah , Kompetensi Profesional Dan Etos Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru Sd Gugus V Kecamatan Seririt. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1).

Ekowati, S., Finthariasari, M., Yulinda, A. T., & Sonitra. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Sprititual terhadap Kinerja Guru SDN Kecamatan Pino Bengkulu Selatan. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sain, 1(62), 71–77. DOI: https://doi.org/10.36085/jems.v1i1.615

Fairy, S. N. P. O., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. hendra. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 125–131. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2799. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2799

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165

Handaru, A. W., Evi, P. S. L., & Parimita, W. (2014). Analisis Perbedaan tingkat Prokrastinasi ditinjau dari Gender, Socio-personal , Locus of Control , serta Kecerdasan Emosional : Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen FE UNJ. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 5(2), 243–263.

Hasanah, D. S., Fattah, N., & Prihatin, E. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) kepemimpinan guru dan iklim kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 90–105.

Ilyas, M., Ma’rufi, M. R., & Nisraeni, N. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika.

Juliandi, A., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.

Lonto, A. L. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Keluarga terhadap Kinerja Guru Pendidikan Kewarganegaraan SMA di Sulawesi Utara. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(4), 313–322. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v2i22016p313

Mangkunegara, A. A. . P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan Emosi,Stres Kerja, Dankinerja Guru Sma. Jurnal Kependidikan, 45(2).

Mangkunegara, A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan emosi guru, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2). https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7491.

Monika, I. G. A., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2019). Determinasi Kepemimpinan Kepala Sekolah , Budaya Organisasi, Etos Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Pariwisata Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 138–147. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2801

Muliartini, N. M., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, Etos Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 13–23. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786

Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54–64. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349

Pramono, A., & Suddin, A. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderating. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 11(2), 10–14.

Prasasti, S. (2017). Etos Kerja dan Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2), 74–90.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218

Putra, Kadek Agus Santika Latrini, M. Y. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spritual Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. E-Jurnal Akutansi Universitas Udayana, 4(1), 323–337.

Putra, C. A. A., Yudana, M., & Natajaya, N. (2018). Hubungan Motivasi Berprestasi, Prilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja dengan Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12925. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12925

Putri, A. D. K. P., & Imaniyanti, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 10. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Rahmasari, L. (2012). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1). DOI: https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1088

Rosini, N. M., Yudana, I. M., & Agung, A. A. G. (2018). Kontribusi Kecerdasan Emosional, Kreativitas dan Keterlibatan Dalam Kegiatan MGMP Terhadap Keterampilan Mengelola Pembelajaran Bahasa Indonesia Para Guru SMA di Kabupaten Badung. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2734. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2734

Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2017). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927

Suardana, P., Yudana, I. M., & Agung, A. A. G. (2015). Kontribusi Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris Sma Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 6(1), 1–11. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149

Suarya, I. K., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2015). Determinasi Kemampuan Profesional, Etos Kerja, dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru SD Tersertifikasi Pada Gugus I dan II Kecamatan Abang. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 1–10.

Suastana, I. W., Natajaya, I. ., & Sunu, I. G. K. . (2015). Kontribusi Gaya Kepemimpinan, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Ipa pada SMA Negeri di Kabupaten Tabanan. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 6(1), 1–12.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.

Timor, H., Saud, U. S., & Suhardan, D. (2018). Mutu Sekolah; Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 21–30. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11568. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11568

Yulianingsih, L. T., & Sobandi, A. (2017). Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8105. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8105

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Tantrayana, I. P. A., & Putra, D. K. N. S. (2020). Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 133–145. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32805