Kesulitan Siswa dan Guru Kelas V SD Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi

Authors

  • Putu Rommy Baskara Dewa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.40062

Keywords:

Kesulitan Guru dan Siswa, Pembelajaran Online, Covid-19

Abstract

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization pada tanggal 11 Maret 2020 resmi menyatakan virus korona baru atau COVID-19 sebagai pandemi, merujuk lebih dari 118 ribu kasus infeksi di lebih dari 110 negara dan wilayah seluruh dunia dengan risiko penyebaran global lebih luas. Sehingga mengakibatkan pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat melakukan kegiatan belajar dan bekerja dari rumah secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dan siswa pada pembelajaran berbasis online di sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang secara spesifik menggunakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru pada pembelajaran berbasis online di Sekolah Dasar dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru dan siswa mengalami kesulitan berupa: (1) kesulitan dalam menentukan jenis penilaian; (2) kesulitan dalam menyampaikan materi; dan (3) kesulitan dalam mengevaluasi siswa.

References

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online. Universitas Terbuka.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal. Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal, 1(1), 190–207.

Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Elmidad:Jurnal PGMI, 10(No. 2), 131–152.

Hutapea, R. H. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(1), 18–30. https://doi.org/10.37364/jireh.v1i1.10. DOI: https://doi.org/10.37364/jireh.v1i1.10

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah Atas Fungsi Wawancara Dan Kuesioner Dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4

Miguel, J. F. S., González, M., Gascón, A., Moro, J., Hernández, J. M., Ortega, F., Jiménez, R., Guerras, L., Romero, M., Casanova, F., Sanz, M. A., Sanchez, J., Portero and, J. A., & Orfao, A. (1992). Lymphoid subsets and prognostic factors in multiple myeloma. British Journal of Haematology, 80(3), 305–309. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x

Nur Inah, E. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa Ety Nur Inah. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185. DOI: https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Purba Bagus Sunarya, Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1617. DOI: https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1617

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Raharjo, S. B. (2013). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Pendidikan Dan Pembelajaran, 68(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210. DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring I. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Setemen, K. (2010). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 207–214.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Tersedia: Http://Akhmadsudrajat. Wordpress. Com/2008/09/12/Pengertian-Pendekatan-Strategi-Metode-Tekniktaktik-Dan-Model-Pembelajaran/.[20 Oktober 2008], 1. .

Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479.

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Dewa, P. R. B. . (2020). Kesulitan Siswa dan Guru Kelas V SD Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 116–120. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.40062