Upaya Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Motorik Halus dengan Penggunaan Permainan Edukatif Meronce Pada Anak Tunagrahita Sedang di Kelas I SLB

Authors

  • Ni Made Suriadi SLB Negeri 2 Buleleng, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60572

Keywords:

Meronce, Konsentrasi, Motorik Halus, Tunagrahita Sedang

Abstract

Anak tunagrahita sedang mengalami keterbatasan dalam aspek motorik halus diantaranya kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari misalnya kesulitan dalam meraih ataupun mengambil suatu benda, memegang benda dari mulai benda yang berukuran besar sampai terkecil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menganalisis peningkatan konsentrasi dan kemampuan motorik halus dengan penggunaan permainan edukatif meronce pada anak tunagrahita sedang siswa kelas 1 Di SLB. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 7 orang siswa yang terdiri atas 3 orang laki-laki dan 4 orang perempuan kelas I SLB. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat konsentrasi pada siklus 1 terdapat 4 orang siswa berada pada kategori sedang dan 3 orag pada kategori rendah. Pada siklus 2 terdapat 7 orang siswa pada kategori sedang. Hasil kemampuan motori terdapat 1 orang siswa berada pada kategori tinggi, 4 orang pada kategori sedang dan 2 orag pada kategori rendah. Pada siklus 2 terdaat 1 orang siswa pada kategori stinggi dan 6 orang pada kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan  penggunaan permainan edukatif meronce mampu meningkatkan konsentrasi dan motori halus pada siswa kelas 1 di SLB.

References

Estiani, W., Widiyatmoko, A., & Sarwi. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Karakter Siswa Kelas VIITema Optik. Unnes Science Education Journal, 4(1), 711–719. https://doi.org/10.15294/usej.v4i1.4974.

Fauziyah, U. S., & Nugraheni, A. S. (2021). Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Tuna Grahita Ringan Dengan Metode Pembelajaran Visuomotor. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 116 – 129. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14022. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14022

Gay, H., Taib, B., & Haryati, H. (2020). Penerapan Kegiatan Meronce Berbahan Alam Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 30–44. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1955. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1955

Gradini, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Mengurutkan Bilangan Melalui Meronce. Jurnal As-Salam, 1(2), 156–166. https://www.jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/67.

Hanel, S. R., & Rifki, M. S. (2020). Efektivitas Permainan Modifikasi Bolabasket Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Tunagrahita. Jurnal MensSana, 5(1), 87 – 95. https://doi.org/10.24036/jm.v5i1.143. DOI: https://doi.org/10.24036/jm.v5i1.143

Hera, A. J., & Latief, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok B Tk Islam Nurussalam Kabupaten Maros. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 99. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.16163. DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.16163

Heri, M., Astriani, N. M., Purwantara, K., & Sari, P. (2020). Terapi Okupasi Memasang Tali Sepatu terhadap Motorik Halus pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 239–247. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1771. DOI: https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1771

Koesmadi, D. P., & Kusumastuti, N. (2022). Peningkatan Perilaku Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Meronce Pada Kelompok B Di TK Dharma Wanita Pojok. Jurnal Golden Age, 6(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.5468.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586

Nuraya, N., Nurhasanah, N., Suarta, I. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengembangan Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Mekar Sari Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2630–2638. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1052. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1052

Octaviani, N. R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SDN Dabin I Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.

Oktafiani, A., & Rakimahwati, R. (2023). Penerapan Kegiatan Meronce dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2257–2262. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4163. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4163

Puslika, D., & Kurniah, N. (2021). Penerapan Metode Bermain Dengan Meronce Untuk Meningkatkan Motorik Halus dan Kognitif Anak Pada Kelompok B TK Negeri 1 Pagar Alam. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 182–193. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.18517. DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.18517

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562. DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562

Roostin, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Dari Bahan Alam Biji Hanjeli. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 3(1). https://doi.org/10.24127/j-sanak.v3i01.1514. DOI: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v3i01.1514

Salam, A. P., & Mansur, M. (2015). Penerapan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dalam Materi Bilangan Bulat. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(1), 133–156. https://doi.org/10.32678/primary.v7i1.2985.

Saragih, A. A., & Andayani, B. (2019). Buku Panduan Aman untuk Mengajarkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian pada Anak Tunagrahita. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychossional Psychology, 5(2), 173 – 184. https://doi.org/10.22146/gamajpp.49957. DOI: https://doi.org/10.22146/gamajpp.49957

Suriati, S., Kuraedah, S., Erdiyanti, E., & Anhusadar, L. O. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299

Sutinah. (2019). Terapi Bermain Puzzle Berpengaruh Terhadap Kemampuan Memori Jangka Pendek Anak Tunagrahita. Jurnal Endurance, 4(3), 630 – 640. https://doi.org/10.22216/jen.v4i3.4385. DOI: https://doi.org/10.22216/jen.v4i3.4385

Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421

Trianisa, N., Rifameutia, T., & Septiana, E. (2018). Metode Sintetik dengan Token Economy Guna Meningkatkan Kemampuan Speechreading Anak Tunagrahita Dengan Gangguan Pendengaran. Jurnal Psikogenesis, 8(1), 58 – 72. https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.517. DOI: https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.517

Wahidah, F. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (Classroom Action Research di RA Mutiara Hati). Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 138–150. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.2.138-150. DOI: https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.2.138-150

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Yosefa, V. (2021). Pengaruh Keterampilan Meronce Terhadap Motorik Halus Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SDLB Bhakti Luhur Cabang Jember. SPEED Journal: Journal of Special Education, 4(2), 40–44. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.400. DOI: https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.400

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Suriadi, N. M. . (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Motorik Halus dengan Penggunaan Permainan Edukatif Meronce Pada Anak Tunagrahita Sedang di Kelas I SLB. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60572

Issue

Section

Articles