Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Google Meet Pada Siswa Kelas II SD

Authors

  • Gede Karmada SD Negeri 1 Umejero, Busungbiu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60573

Keywords:

Model Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Google Meet

Abstract

Saat proses pembelajaran guru masih dengan pola lama yaitu memberikan ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui G-Meet pada siswa kelas II SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD yang berjumlah 6 orang, terdiri dari 3 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes.  Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar tematik  pada siswa kelas II SD. Hal ini dibuktikan dengan peningkatkan rata-rata hasil belajar 61,66 pada hasil belajar prasiklus menjadi 67,5 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 75 pada siklus II. Sedangkan nilai daya serap siswa juga mengalami peningkatan dari 62% pada prasiklus meningkat menjadi 67% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 75% pada siklus II. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 33% pada hasil belajar prasiklus, naik menjadi 50% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 83% pada siklus II.

References

Ari, N. L. P. M, & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undikhsa, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17279

Ari, Ni Luh Putu Merta, & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389.

Fatmawati, F. (2021). Efektivitas Model Permainan Kartu Indeks (Index Card Match) Terhadap Hasil Pembelajaran Perkembangan Kognitif Dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Harits. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3616. DOI: https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3616

Handaryani, N. M. D. P., & Pudjawan, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 270–279. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15714. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15714

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1 – 11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345

Kurniawan, B., Basri K, I., Widiastuti, N. P. K., & Ahmad, R. A. R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Metode EPIC 5C berbasis Model Case-Based Learning pada Materi Tematik Terpadu Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 312–319. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41368. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41368

Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379

Mardati, A., & Wangid, M. N. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make a Match Untuk Kelas I Sd. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564

Mustika, N. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889.

Mustika, N., & Suyadi. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Pernantah, P., Nova, N., & Ramadhani, A. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 45–50. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.991. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.991

Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 7(3), 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6957. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11608

Qolbi, S. K., Sabarudin, S., Kholilurrohman, K., & Perwitasari, N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring antara Fasilitas Zoom Meet dengan Google Meet. Jurnal Basicedu, 6(2), 1551–1562. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2137. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2137

Rahman, E. S., Sari, T. T., & Meita, N. M. (2019). Pengembangan Buku Saku Tematik Sd Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 70–78. https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.28. DOI: https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.28

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Sasmito, D. R. P., & Trimulyono, G. (2019). Development of Funginopoly (Fungi Monopoly) Game Media In Fungi Material For 10th Grade Senior High School to Increase Student’s Level of Concept Understanding. BioEdu, 8(3), 51–60.

Sholihah, A. F., Study, P., Pendidikan, T., Pendidikan, J. I., Bimbingan, P. D. A. N., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Mi At-Taufiq Singaraja Tahun. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 36–47. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21830.

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make a Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurna Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363

Vhalery, R., & Anggresta, V. (2021). Perbedaan Kemampuan Analisis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dengan Make a Match. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 01–13. https://doi.org/10.24036/011109490. DOI: https://doi.org/10.24036/011109490

Widayanti, N. M. A. G., Sudarma, I. K., & Suarjana, I. M. (2020). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD. MIMBAR PGSD, 2(4), 331–342. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7078. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.327

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Karmada, G. . (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Google Meet Pada Siswa Kelas II SD . Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 76–84. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60573

Issue

Section

Articles