Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Benda Konkret Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa

Authors

  • Ketut Upayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63065

Keywords:

Guided Inquiry, Benda Konkret, Kompetensi Pengetahuan , IPAS

Abstract

Siswa jarang terlibat dalam penyelidikan yang menghubungkan benda konkret di lingkungan sekitar dengan materi pemblajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media benda konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control grup design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD dengan total 125 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas IV SD sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah 30 butir soal tes objektif. Analisis data menggunakan Uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 13,97 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test kelompok kontrol 14,29 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 22,30 yang berada pada kategori sedang, dan rata-rata post-test kelompok kontrol 18,17 yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis uji Anakova diperoleh F-hitung sama dengan 42,222 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk sama dengan 51 adalah 4,030. Hasil tersebut menunjukan bahwa F-hitung lebih dari F-tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan penelitian terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media benda konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV.

References

Adi Saputra, I. P. A., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Sd Kelas V. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 13–19. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.29794.

Aldilha Yudha, S. F., Yulkifli, & Yohandri. (2019). Validity of student worksheet based on guided inquiry learning model assisted by digital practicum tool. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012058.

Barus, E. L., & Sani, R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha Dan Energi Di Kelas X Semester Ii. INPAFI (Inovasi Pembelajaran FisJurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI )Ika), 5(4). https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9216.

Damaianti, O., Mawardi, M., & Oktavia, B. (2019). Development of guided inquiry-based worksheets on colloidal material for chemistry learning grade XI in senior high school. International Jurnal of Progressive Sciences and Technologies (IJIPSAT), 14(1), 13–19.

Devi, E. K., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hukum Archimedes. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 4(2), 78–88. https://doi.org/10.20414/konstan.v4i2.42.

Dr. Riinawati, M. P. (2021). Pengatar Evaluasi Pendidikan.

Gumilar, R. P., & Wardani, S. (2019). The Implementation of Guided Inquiry Learning Models on The Concept Mastery, Scientific Attitude, and Science Process Skill. Journal of Primary Education, 8(5), 148-`154. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/29256.

Hadisaputra, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon Pada Kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry Education Practice, 3(1). https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1450.

Handayani, N. N. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Ipa Kelas V Sd Gugus Viii Kecamatan Abang. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124383. https://media.neliti.com/media/publications/124383-ID-pengaruh-model-pembelajaran-inkuiri-terb.pdf.

Indah Junia, N. M. I. J., & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 11(1), 130–139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.

Keiler, L. S. (2018). Teachers’ roles and identities in student-centered classrooms. International: Journal of STEM Education, 5(34). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0131-6.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Lailiah, I., Wardani, S., & Edi Sutanto, D. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-Lkpd Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792–2801. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v15i1.26204.

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829.

Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. I. N., & Suastra, I. W. (2021). Reducing Misconceptions of Elementary School Students Through Guided Inquiry Learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 729–736. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.40388.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664.

Prasetyo, O., Prasetyo, O., & Rahman, A. (2023). Analisis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Sejarah Sebagai Perbandingan Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 3(1), 56–66. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/pakis/article/view/7831.

Putri, M. L., & Subekti, H. (2022). Analisis Prestasi Belajar Siswa Dan Keterlaksanaan Process Oriented Guided Inquiry Learning Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 273–281.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Ramadani, Z., & Oktiningrum, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Minitim Kabar” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 152–168. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.152-168.

Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry dan Problem Posing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1024.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993.

Sa’adah, & Kusasi, M. (2017). Menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing ( guided inquiry ) pada materi kesetimbangan kimia increasing scientific attitude and concept understanding using guided inquiry model in chemical Equilibrium. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 78–88.

Sapitri, N. L. E., Agung, A. A. G. A., & Putra, D. . K. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/992.

Sari, K. A. D. R., Ngurah Wiyasa, K., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 23(2), 104–112. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416.

Setiowati, H., & Saputro, A. N. C. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Banyudono Tahun 2014/2015. Jurnal Pendidikan …, 4(4), 54–60. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6582%0Ahttps://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/viewFile/6582/4491.

Sipahelut, B., & Palobo, M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Magistra, 6(1), 2019–1024.

Suprianti, D., Munzil, M., Hadi, S., & Dasna, I. W. (2021). Guided Inquiry Model Assisted with Interactive Multimedia Influences Science Literacy and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3). https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38802.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28.

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445.

Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Adi, I. N. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230–239. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.688.

Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99.

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959.

Widiarta, I. D. G. P., Parmiti, D. P., & Margunayasa, I. G. (2019). Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking Pada Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 29–39. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3607.

Wisnu Hapsari, N. T. M. (2023). Inovasi Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMKN 1 Surakarta Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 104–111. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i2.1562

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515.

Yeftha, Haryanto, Z., & Saputra, Y. W. (2020). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi Dengan Model Inkuiri Terbimbing di SMAN 3 Samarinda Influence of Interest Against Geography Learning Outcomes With the Guided Inquiry Model at SMAN 3 Samarinda. Jurnal Geoedusains, 1, 15–27. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2347.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Upayanti, K. (2023). Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Benda Konkret Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 207–218. https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63065