Pembelajaran Berbasis TPACK Berbantuan Media Video Animasi Berpengaruh Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63280Keywords:
Anak Usia Dini, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pembelajaran Berbasis TPACK, Media Video Animasi, KesehatanAbstract
Melihat masih rendahnya penerapan pola hidup bersih dan sehat pada anak dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah. Hal ini disebabkan oleh pemilihan media pembelajaran yang kurang bervariasi dan optimal sehingga anak merasa sulit memahami isi materi yang diberikan. Berdasarkan masalah tersebut maka diperlukan media pembelajaran seperti video animasi yang dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis TPACK berbantuan media video animasi terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar sebanyak 75 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelompok B1 sebanyak 19 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non test mengggunakan ceklist observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata posttest pada kelompok eksperimen 89,78 sedangkan pada kelompok kontrol 66,55 dengan skor maksimal adalah 100. Hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 8,09 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 35 maka ttabel adalah 2,021. Berdasarkan analisis bahwa thitung > ttabel (8,09 > 2,021), maka artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis TPACK berbantuan media video animasi berpengaruh terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini.
References
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121.
Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243–251. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156.
Andesta, D. (2021). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269.
Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463–475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555.
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690.
Aulina, C. N., & Astutik, Y. (2019). Peningkatan Kesehatan Anak Usia Dini dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Kecamatan Candi Sidoarjo. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.1480.
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501.
Ekasari, W. D., Suharnomo, S., & Utami, I. (2021). Pengelolaan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19: Fakta Dan Tantangan. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 7(2), 153–170. https://doi.org/10.34203/jimfe.v7i2.3687.
Fardiah, Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.
Faridawati, F. F., Minarto, E., Istiana Wati, I., Sutrisno, S., & Hakim, L. (2020). Pembelajaran Robotik Untuk Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Spekta (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 1(2), 85. https://doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2826.
Farizi, Z. Al, Sulisworo, D., Hasan, M. H., & Rusdin, M. E. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis TPACK dengan POWTOON pada Materi Torsi SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i2.4017.
Ilmiyati, N., & Maladona, A. (2023). Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Model Stop Motion Terhadap Minat Belajar. Journal On Education:, 6(1), 7936–7941. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4166.
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.
Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK padaPembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Teaching Professional, 1(3), 371–378. Retrieved from https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/665.
Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli, W. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 76–82. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.76-82.
Kristanti, R., Novieazizah, E., & Kusumastuti, N. (2021). Pengaruh Pengenalan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Terhadap Kesehatan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Childhood Education), 5(1), 174–184. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.506.
Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Eductech Undiksha, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19972.
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116.
Pranata, K., Dewi, H. L., & Zulherman, Z. (2022). Efektivitas Video Animasi Berbasis Animaker Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1). https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1723.
Riyana. (2020). Pengembangan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Konsep Pola Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 255–263. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1230.
Rusdi, M. S., Efendi, M. R., Rustini, Afriyani, Putri, L. E. P., Kamal, S., & Surya, S. (2021). Edukasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.123.
Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542.
Saputra, I. M. M., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10–16.
Sarıçoban, A., Tosuncuoğlu, I., & Kırmizi, Ö. (2019). A Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Assessment of Preservice EFL Teachers Learning to Teach English as a Foreign Language. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(3), 1122–1138. https://doi.org/https://doi.org/10.17263/jlls.631552.
Setiawan, I. M. D., & Permana, I. K. P. (2021). Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 484. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38649.
Setiyowati, E., Juliasih, N. N., & Hanik, U. N. (2021). Sosialisasi Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Sehat ( PHBS) Sebagai Upaya Memutus Rantai Penularan Virus Corona dalam Situasi Pandemi Covid -19. Madaniya, 2(2), 129–136. https://doi.org/10.53696/27214834.65.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413.
Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA ( Jurnal Edukasi AUD), 6(1). https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620.
Ulfah, M., Yani, A., Nurfaizah, A. N., & Nurfauziah, A. N. (2020). Islamic Early Childhood Education Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program Pengembangan Puzzle Book Untuk Membentuk Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak 5-6 Tahun, 5(2), 64–76.
Wardani, Y., & Sudarwanto, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Pada Kompetensi Dasar Melakukan Pelayanan Purna Jual Terhadap Kompetensi Siswa Kelas Xii Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 709–715. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/32052.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.
Widyawati, W. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ida Ayu Nyoman Sintha Dewi, Luh Ayu Tirtayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)