Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Lingkungan: Solusi Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kurikulum Merdeka

Authors

  • I Nyoman Jefri Winanta Yasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.68955

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, IPAS, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurangnya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan terbatasnya penggunaan media dalam pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar IPAS siswa Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian berjumlah 19 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD dengan rata-rata persentase (M%) pada siklus I prestasi belajar siswa yang diperoleh adalah 66,42%, bila dikonversikan pada pedoman PAP skala 5 maka berada pada interval 65-74 dengan mencapai tingkat hasil belajar pada kriteria sedang. Pada siklus II rata-rata persentase (M%) hasil belajar siswa yang diperoleh adalah 79,6%, bila dikonversikan pada pedoman PAP skala 5 maka berada pada interval 75-84 dengan mencapai tingkat hasil belajar pada kriteria tinggi, sehingga hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,18%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD.

References

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091.

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023.

Anggreni, N. L., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 214. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715.

Anggriani, F., Karyadi, B., & Ruyani, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Studi Ekosistem Sungai. PENDIPA Journal of Science Education, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.2.100-105.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56.

Cindy, N. L. C. R., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2023). Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Muatan IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 449–465. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.58022.

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249.

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10.

Hidayat, A. G., Haryati, T., Pendidikan, S., Sekolah, G., Studi, P., & Sejarah, P. (2022). Pembelajaran Tematik Integratif pada Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum 2013 di SDN Teke Kecamatan Palibelo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(3), 202–210. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i3.176.

Jumiarti, D. N., & Kurniawati. (2023). Peningkatan Keterampilan Abad XXI pada Mata Pelajaran IPS melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jear: Journal of Educational Action Research, 7(2), 160–168. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.55428.

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139.

Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & ... (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2936–2941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11446.

Laumarang, S. N., Odja, A. H., & Supartin. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2337.

Melindawati, S., Apfani, S., & Suryani, A. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Konsep Dasar IPS di PGSD STKIP Adzkia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.114255.

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, H. B. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180.

Nurhikmah, & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 272–281. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.570.

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605–626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545.

Putri, D. P. S., & Wiarta, I. W. (2022). E-BookInteraktif Berbasis Problem Based LearningMateri Sejarah Kerajaan di Nusantara pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 502–513. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747.

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.

Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.

Sanjaya, P. A., Pageh, I. M., & Suastika, I. N. (2023). Bahan Ajar E-Modul Book Creatoruntuk Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. JIPPG: Jurnal Ilmu Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 410–421. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.64252.

Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39.

Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450.

Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296.

Zuhaida, A., & Mubtasyiroh, Z. (2022). Efektivitas Model Project Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 119–129. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24440.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Yasa, I. N. J. W. . (2024). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Lingkungan: Solusi Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kurikulum Merdeka. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 89–97. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.68955