Peran Manajemen Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Lovely Ezverenzha Lelatobur Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Marinus Waruwu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.74953

Keywords:

Manajemen, Supervisi Akademik, Kolaborasi

Abstract

Pengaruh kepala sekolah dan pengawas pendidikan memerankan peranan penting bagi perkembangan guru sehingga penting untuk tidak hanya mengetahui tapi juga memahami dan mempraktekkan dengan baik tupoksi yang telah dirancang oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek kepala sekolah dan guru bersertifikasi. Data kualitatif diambil melalui wawancara,observasi dan studi literatur. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dirancang mulai dari perencanaan bersama dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum kemudian dilanjutkan dengan membuat pedoman penilaian. Supervisi dilakukan bersama dengan guru yang sudah tersertifikasi, secara bersama-sama menilai setiap aspek pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan respon siswa. Hasil penilaian dievaluasi bersama untuk mendapatkan nilai sebagai cerminan keberhasilan pembelajaran. Guru yang nilai supervisinya kurang dari rentang nilai akan diundang oleh kepala sekolah untuk dibimbing dan difasilitasi terkait perbaikan teknik pembelajaran selanjutnya. Dari segi kendala yang ditemukan, hanya ketersediaan laptop dan proyektor untuk guru yang disupervisi yang masih kurang secara kuantitas.

Published

2024-01-31

How to Cite

Lelatobur, L. E. ., & Waruwu, M. . (2024). Peran Manajemen Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru . Indonesian Journal of Instruction, 5(1). https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.74953