Peran Manajemen Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Lovely Ezverenzha Lelatobur Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Marinus Waruwu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.74953

Keywords:

Manajemen, Supervisi Akademik, Kolaborasi

Abstract

Pengaruh kepala sekolah dan pengawas pendidikan memerankan peranan penting bagi perkembangan guru sehingga penting untuk tidak hanya mengetahui tapi juga memahami dan mempraktekkan dengan baik tupoksi yang telah dirancang oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek kepala sekolah dan guru bersertifikasi. Data kualitatif diambil melalui wawancara, observasi dan studi literatur. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dirancang mulai dari perencanaan bersama dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum kemudian dilanjutkan dengan membuat pedoman penilaian. Supervisi dilakukan bersama dengan guru yang sudah tersertifikasi, secara bersama-sama menilai setiap aspek pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan respon siswa. Hasil penilaian dievaluasi bersama untuk mendapatkan nilai sebagai cerminan keberhasilan pembelajaran. Guru yang nilai supervisinya kurang dari rentang nilai akan diundang oleh kepala sekolah untuk dibimbing dan difasilitasi terkait perbaikan teknik pembelajaran selanjutnya. Dari segi kendala yang ditemukan, hanya ketersediaan laptop dan proyektor untuk guru yang disupervisi yang masih kurang secara kuantitas.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099.

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16.

Arifin, J. (2022). Implementasi Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Kompetensi Profesional Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3850–3857. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.918.

Astuti, R., & Dacholfany, M. I. (2016). Pengaruh supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP di Kota Metro Lampung. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 1(2), 204–217. https://doi.org/10.24127/jlplppm.v1i2.295.

Bahri, S. (2014). Supervisi akademik dalam peningkatan profesionalisme guru. Visipena, 5(1), 100–112. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.236.

Cahyaningrum, V. D., Tambunan, W., & Tampubolon, H. (2023). Kinerja Guru Dalam Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (Hots) di Sekolah Dasar X Bekasi Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5376–5381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11878.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90.

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73.

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77. https://doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100.

Kusumawati, D. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. Satya Widya, 32(1), 41–48. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p41-48.

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276.

Mu’alimin, M. A., Rusdiana, A., & Sulhan, M. (2021). Manajemen Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah Di Kota Cimahi Jawa Barat. Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(1). https://doi.org/10.37150/jut.v3i2.69.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653.

Nurakmal, G., Syaodih, C., & Muchtar, H. S. (2022). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Kota Bandung (Studi Deskriptif pada SD Muhammadiyah 7 dan SD Muhammadiyah 3). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1090–1101. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.529.

Nurfatah, N., & Rahmad, N. (2018). Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 137–148. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1585.

Nurudin, B. (2021). Supervisi akademik proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan motivasi kinerja guru SD Negeri 1 Panggunguni Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 150–163. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/232.

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.123.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391.

Riyanto, M., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Susanto, E., & Anggereni, D. T. (2021). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Perencanaan, Implementasi, Penilaian Dan Tindak Lanjut Supervisi Akademik. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(1), 21–30. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i1.2144.

Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863.

Sanoto, H. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Supervisi Akademik selama Pandemi COVID-19 di Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 5(3), 1169–1174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.858.

Setyawati, E., Patimah, S., Subandi, S., & Makbulloh, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 105–111. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20042.

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953.

Sihaloho, B. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Smk Negeri 1 Patumbak. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(2), 35–41. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.32547.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a2.2018.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.

Zakso, A., & Radiana, U. (2013). Pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru SMP Negeri 1 Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v2i3.1576.

Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230–244. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Lelatobur, L. E. ., & Waruwu, M. . (2024). Peran Manajemen Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 108–116. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.74953