Peran Manajemen Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.74953Keywords:
Manajemen, Supervisi Akademik, KolaborasiAbstract
Pengaruh kepala sekolah dan pengawas pendidikan memerankan peranan penting bagi perkembangan guru sehingga penting untuk tidak hanya mengetahui tapi juga memahami dan mempraktekkan dengan baik tupoksi yang telah dirancang oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek kepala sekolah dan guru bersertifikasi. Data kualitatif diambil melalui wawancara,observasi dan studi literatur. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dirancang mulai dari perencanaan bersama dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum kemudian dilanjutkan dengan membuat pedoman penilaian. Supervisi dilakukan bersama dengan guru yang sudah tersertifikasi, secara bersama-sama menilai setiap aspek pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan respon siswa. Hasil penilaian dievaluasi bersama untuk mendapatkan nilai sebagai cerminan keberhasilan pembelajaran. Guru yang nilai supervisinya kurang dari rentang nilai akan diundang oleh kepala sekolah untuk dibimbing dan difasilitasi terkait perbaikan teknik pembelajaran selanjutnya. Dari segi kendala yang ditemukan, hanya ketersediaan laptop dan proyektor untuk guru yang disupervisi yang masih kurang secara kuantitas.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lovely Ezverenzha Lelatobur, Marinus Waruwu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)