Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Shovi Wiranata Febriani Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Lutfiah Ayundasari Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Joko Sayono Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Indah Wahyu Puji Utami Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.82766

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Implementasi

Abstract

Profil Pelajar Pancasila menjadi aspek penting dalam pembentukan karakter peserta didik, namun implementasi proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah menengah kejuruan masih menghadapi berbagai kendala, terutama dalam aspek kesiapan guru dan perencanaan kegiatan yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di sekolah menengah kejuruan. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif, yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila memerlukan kesiapan dalam berbagai aspek, baik dari segi pemahaman maupun penerapan. Kesiapan guru menjadi faktor kunci, karena kekurangan dalam aspek ini dapat menyebabkan pelaksanaan P5 berjalan kurang optimal. Proses perencanaan proyek P5 memerlukan langkah-langkah yang sistematis dan komprehensif untuk menjamin ketercapaian tujuan pembelajaran serta internalisasi nilai-nilai Pancasila. Pelaksanaan P5 menjadi momentum penting dalam pengembangan karakter siswa dan pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila membutuhkan perencanaan yang matang dan kesiapan guru yang memadai untuk memastikan keberhasilan program dalam menciptakan generasi berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila.

References

Afriansyah, T., Rizal, M. S., Salsabila, A. H., & Harfian, L. S. (2023). Representasi Masyarakat Malang dalam Karakter Abdi Topeng Malangan. Jurnal Sastra Indonesia, 12(3), 260–270. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i3.57137.

Dalia, A. (2024). I, Implementasi Implementasi P5 Pada Sekolah IKM Kategori Mandiri Berubah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 9(1), 96–110.

https://doi.org/https://mail.online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/31369.

Dewantara, J. A., & Juliansyah, N. (2023). Identitas Nasional: Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4579.

Farliana, N., Rusdarti, & Sakitri, W. (2023). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Strategi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 484–493.

https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.367.

Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), 190–197.

http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1271.

Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi guru terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1).

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri Publishing.

Hidayat, E. S. (2021). Refleksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pancaniti.

Hilmi, M., Djono, D., & Ediyono, S. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak Kabupaten Sragen Tahun 2023. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 172–179. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.901.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Irsyad, & Fitri, Y. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Batusangkar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Reseach, 3(4), 5149–5157.

http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3192.

Kamal, M. (2010). Wayang Topeng Malangan: Sebuah Kajian Historis Sosiologis. Resital, 8(1), 54–63.

Maryani, K., & Sayekti, T. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 609–619. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.348.

Nafaridah, T., Maulidia, L., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin: The Analysis of P5 Activities as the Application of Differentiated Learning in the Free Curriculum of the Digital Era at SM. PROSPEK, 2(2), 84–97.

https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2583.

Ningsih, E. P., Fitriyati, I., & Rokhimawan, M. A. (2023). Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 55–70.

https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.10122.

Noviani, L., Setyowibowo, F., & Wahyono, B. (2023). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 90–95. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.35.

Nurwidya, R., & Nurjannah, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Strategi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk Meningkatkan Budaya Kerja Siswa di SMK Negeri 2 Boyolangu Kata kunci: Budaya kerja Kurikulum merdeka P5 Alamat Korespondensi. Belantika Pendidikan, 6(2), 1–8.

https://doi.org/10.47213/bp.v6i2.200.

Riany, R. (2012). Karakteristik Dan Tuntutan Perkembangan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Statement: Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 81–98. https://doi.org/10.56745/js.v2i2.24.

Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 50.

https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60.

Sa’diyah, N., Nugraheni, N. E., Missa, H., & Basuki, I. A. (2024). Karakter Luhur Guru dalam Nilai Moral Tari Topeng Malangan. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 445–450. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p445-450.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274.

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra, 02(01), 84–90.

https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127.

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., & Lestari, I. D. (2022). Analisis kegiatan p5 di sma negeri 4 kota tangerang sebagai penerapan pembelajaran terdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578.

Sitinjak, T. A., Permanasuri, N. P. D. A., Trissan, W., Nadeak, R. K., & Siallagan, B. S. (2023). Kajian Kesiapan Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berdasarkan Persepsi Peserta Didik Di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. STEAM Engineering (Journal of Science, Technology, Education, and Mechanical Engineering, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.37304/jptm.v5i1.10638.

Suardipa, I. P. (2023). Lini masa kebijakan kurikulum merdeka dalam tatanan kotruksi mutu profil pelajar pancasila. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 1–13. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/2976.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suprijati, H., Hariyadi, A., & Sri, U. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatnya Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Scientia: Social Sciencies & Humaniora, 3(2), 119–124. https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.292.

Supriyati, A., Nyoman, N. A., & Miyono, N. (2023). Perencanaan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada SMK Pusat Keunggulan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1037–1043. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1334

Sutikno, T. A. (2013). Manajemen strategik pendidikan kejuruan dalam menghadapi persaingan mutu. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 87–96.

Sutisnawati, A., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 di Sekolah Dasar. DWIJA CEDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79769.

Ulfah, N. S., L., A., N., S., & Pramesti, M. R. D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Suara Demokrasi Di Smk Negeri 6 Semarang. PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455–462.

https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178.

Downloads

Published

2024-09-24

How to Cite

Febriani, S. W. ., Ayundasari, L. ., Sayono, J. ., & Utami, I. W. P. . (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Instruction, 5(3), 452–460. https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.82766