Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34830Abstract
PJOK harus tetap diberikan kepada peserta didik meskipun secara online. Namun, pada kenyataannya belum dapat diketahui seberapa besar minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data survei, sedangkan jenis survei yang digunakan yaitu kuisioner yang dijawab oleh peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah 338 orang. Sampel penelitian dipilih berdasarkan convenience sampling yang ini diambil 25% dari total populasi yaitu sebanyak 85 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif kuantitatif kemudian dikategorikan berdasarkan skala penilaian. Hasil penelitian ini antara lain, pada faktor intrinsik minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 mendapatkan skor 78%, dimana pada skala penilaian kategori angka tersebut dinyatakan dengan tinggi. Hasil penelitian pada faktor ekstrinsik minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19 mendapatkan skor 71,9% dimana pada skala penilaian kategori, angka tersebut dinyatakan tinggi. Kedua skor dari indikator variabel minat peserta didik apabila dirata-ratakan mendapatkan skor yaitu 74,9%. Angka tersebut jika disesuaikan dengan skala penilaian kategori termasuk dalam kategori tinggi, dengan demikian peneliti menyarankan kepada peserta didik agar mempertahankan minatnya dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19.
Kata-kata kunci: Minat, Pembelajaran PJOK, Pandemi Covid-19
References
Arum, R. (2020). Pembatasan Sosial di Indonesia Akibat Virus Corona Ditinjau dari Sudut Pandang Politik. Retrieved from https://osf.io/preprints/lawarxiv/g8ny3
Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/gulawentah/article/view/66.
Djali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kartini, T. (2007). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileuyi I Kecamatan Cileuyi Kabupaten Bandung. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_8Oktober_2007/Penggunaan_Metode_Role_Playing_untuk_Meningkatkan_Minat_Siswa_dalam_Pembelajaran_Pengetahuan_Sosial_di_Kelas_V_SDN_Cileunyi_I_Kecamatan_Cileunyi_Kabupaten_Bandung.pdf.
Kresna, A. dan J. A. (2020). Pengaruh Physical Distancing dan Social Distancing terhadap Kesehatan dalam Pendekatan Linguistik. Retrieved from https://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/42
Mustofa, I. M. dkk. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Retrieved from https://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/jit/article/view/4067
Paturisi, A. (2012). Management Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Pragholapati, A. (2020). Covid-19 Impact on Students. Retrieved from https://edarxiv.org/895ed
Sagala, S. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2015). Metodelogi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Cipta.
Sobron, A.N., D. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Retrieved from https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/117
Sofyana, L. dan A. R. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/17204
Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19. Retrieved from https://ejournal.insuriponogoro.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/290
Yanti, Minanti Tirta., D. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Retrieved from http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/1306
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)