Analisis Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17942Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran tematik tema cita-citaku pada siswa kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini melakukan uji kredibilitas yaitu peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran tematik tema Cita-Citaku subtema Giat Berusaha Meraih Cita-Cita pada siswa kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 02 Semarang terdapat 14 nilai karakter yang ditemukan yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab. Sedangkan nilai karakter yang tidak ditemukan adalah Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, dan Gemar Membaca. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari 18 nilai karakter dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh kemendikbud.
Kata Kunci : Nilai karakter, aktivitas belajar, tematik
References
Ain ,Nurul (2013). Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar . Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.
Hasrawati (2016). Perangkat Pembelajaran Tematik Di Sd The Learning Media Of Tematik In Primary School . Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 3 No. 1, June 2016
Gumilang, A. (28 Febuari 2018). Tawuran Pelajar di Banyumanik Satu Luka-luka dan 15 Siswa Ditangkap Polisi. Tribunjateng.com. retrieved from http://jateng.tribunnews.com.
Kadir & Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kesuma, D., dkk. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, R.M. 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.
Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Palupi ,Dini (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital . Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1, 2018
Putri, A.D.S. 2018. “Keefektifan Modul Pembelajaran Menulis Karangan Berbasis Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Kelas IV Seolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 6, No 2, Hal 72-76.
Soegeng, A.Y. 2015. Etika Pancasila. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Soegeng, A.Y. 2018. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Syaiful ,Islam (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013 . Jurnal Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo Vol. 01 No. 01 Tahun 2017
Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widyaningrum ,Retno (2012). Model Pembelajaran Tematik Di Mi/Sd . Jurnal Cendekia Vol. 10 No. 1 Juni 2012
Yaumi, M. 2014. Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.