Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi

Carolina Hidayah Citra Ningrum, Khusnul Fajriyah, M. Arief Budiman

Abstract


Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Klampok 01 Brebes. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi pada siswa kelas V SD N Klampok 01 Brebes. Jenis Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V. Data hasil angket yang telah diisi oleh responden dapat dilihat hasil tertinggi sebesar 86,7% yaitu siswa menjawab “Tidak Pernah” pada pernyataan ke 14 “Saya tidak peduli saat wilayah brebes terkena musibah”, dan pernyataan ke 18 “Saya lebih memilih bermain dan tidak peduli jika ada teman yang kesusahan”. Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi di SD N Klampok 01 Brebes dapat disimpulkan bahwa kegiatan literasi yang dilaksanakan di SD N Klampok 01 Brebes sudah dilaksanakan dengan baik dan sudah membentuk karakter rasa ingin tahu siswa. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan karakter siswa yang sudah meningkat dan dilihat dari empat indikator karakter rasa ingin tahu sudah memperoleh persentase cukup tinggi.

 



Keywords


Kata Kunci : karakter rasa ingin tahu; kegiatan literasi

Full Text:

PDF

References


Abidin Y, dkk. 2018. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ayu, Nanda . 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352

Daryanto dan Darmiatun S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta:Gava Media.

Faizah, Dewi Utama dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Fauzi AR, dkk. Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. E-journal UNM.http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/2500. Diunduh pada 20 Oktober 2018.

Hasan, S.H., dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta: KEMENDIKNAS.

Kesuma Dharma, dkk . 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan S. 2017. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat.Yogyakarta:Ar Ruzz Media.

Marfu’i L.N.R. 2016. Upaya Pendukung Pembelajaran Literasi Dengan Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Teknik Bibliolearning Pada Siswa. E-Journal UTP. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/476. Diunduh pada 16 Januari 2019.

Moleong L.J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muslich M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mustari M.2017. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok : Raja Grafindo Persada.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468

Puspitasari MT, dkk. 2015. Upaya Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Snowball Throwing Pada Siswa SMK Muhammadiyah Gemolong. Jurnal Tata Arta UNS. file:///C:/Users/user/Downloads/6309-13433-1-SM.pdf . Diunduh pada 10 Maret 2019.

Setianingsih ES, dkk.2018. Perkembangan Peserta Didik.Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Silmi M dan Kusmarni Y. 2017. Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Dalam Pembeljaran Sejarah Melalui Media Puzzle.E-journal UPI . http://ejournal.upi.edu/index.php/factum/article/view/9980. Diunduh pada 20 Oktober 2018.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung : Alfabeta.

Syarbini A. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga: Studi Tentang Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga Perspektif Islam.Yogyakarta:Ar Ruzz Media.

Wibowo A.2012.Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban.Yogyakarta.Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436

Article Metrics

Abstract view : 724 times
PDF file view : 3003 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.