Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran Biologi Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20297Keywords:
Sains Teknologi Masyarakat, Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran STM dalam pembelajaran biologi bermuatan karakter dan model pembelajaran DI. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan sebanyak 82 siswa. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur dan dilanjutkan dengan uji LSD pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang belajar dengan MP.STM dalam pembelajaran biologi bermuatan karakter dan MP.DI (F= 76,528; p<0,05), (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan MP.STM dalam pembelajaran biologi bermuatan karakter dan MP.DI ( F= 3,336; p<0,05), (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalahan antara kelompok siswa yang belajar dengan MP.STM dalam pembelajaran biologi bermuatan karakter dan MP.DI (F= 146,110; p<0,05). Hasil uji lanjut dengan LSD terlihat MP.STM lebih baik dengan MP.DI dalam keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah.
References
Depdiknas. 2006. Sosialisasi KTSP. CD –ROM. Jakarta: Ditjen PMPTK, Depdiknas
Dass, Pradeep M. 2005. Using a Science/Technology/Society Approach to Prepare Reform-Oriented Science Teachers: The Case of a Secondary Science Methods Course. Artikel. Issues in Teacher Education, 14(1), 95-108.
Delphi Team. 1990. The critical thingking skills test. California: The California Academic Press.
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: what it is and why it’s here to stay. United States of America: Corwin Press, INC.
Nazir, M. 2003. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurchayati. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa SMA. Laporan Penelitian Tesis (tidak diterbitkan). UNDIKSHA
Paidi. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi UM Malang.Volume 1,Tahun I.
Sadia, I. W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan
Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran Undiksha, 41(2): 219-237, April 2008.
Sadia, I W. 2009. Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains. Makalah. Disajikan pada Diklat Strategi Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Fisika di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tanggal 22 s/d 27 Agustus 2009.
Sadia I W. 2011. Teori Belajar Konstrutivisme dan Implementasinya dalam Pembelajaran.Materi Kuliah Metodelogi Pembelajaran Sains S2 Program Pendidikan Sains.
Schafersman, S. D. 1991. An introduction to critical thinking. Tersedia pada http://www.freeinquary.com/critical-thinking.html.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suma, K. 2006. Pengaruh struktur kelompok dan tipe masalah terhadap kinerja pemecahan masalah siswa. Jurnal pendidikan dan pengajaran. Vol. 39. No. 1. 1-13.
Wikipedia. 2010. List of countries by human development index. Terdapat pada http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_Human_Development_Index. Diakses tanggal 10 Desember 2013.
Yager, Robert E. 1994. Assessment Results with the Science/ Technology/ Society Approach. Artikel. Tersedia pada: http://userpages.umbc.edu/ ~blunck/pdf/4.%20publications/backup%20publication%20files/assessment%20results%20with%20the%20sts/assessment%20results%20with%20the%20sts.pdf. Diakses tanggal 5 Nopember 2013.
Yamin, H. M. 2008. Paradigma pendidikan konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.