Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Sikap Demokrasi Pendidikan Kewarganegaraan

Gede Lider, Nyoman Dantes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa dan sikap demokrasi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 140 siswa. Sedangkan sampel berjumlah 80 siswa. Data sikap demokrasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa  dan  sikap  demokrasi terhadap hasil belajar PKn. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran  kontekstual  bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa dengan siswa dalam proses pembelajaran menerapkan pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi. Kempat, terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa dengan proses pembelajaran menerapkan pembelajaran kontekstual bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa antara siswa yang pembelajarannya  menggunakan pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki sikap demokrasi rendah.


Keywords


Pendekatan pembelajaran kontekstual bermuatan nilai budaya dan karakter bangsa; sikap demokrasi; hasil belajar PKn

Full Text:

PDF

References


Dantes, N 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Lasmawan, W. 2007. “Memperkuat Jati Diri dan Simpul Kenegaraan Melalui Pembelajaran Pkn Yang Berbasis Local Genius”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha Volume 3 Tahun 2007. Singaraja: JPP Undiksha.

Lasmawan, W. 2010. Menelisik Pendidikan PKN dalam Perspektif Kontekstual-Emperis. Singaraja : Mediakon Indonesia Press Bali.

Purnomo, A. 1999. Sikap Demokratis Siswa Sekolah Menengah Umum di Yogyakarta.Tesis master, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rakhman, Jalaludin. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sihabuddin R. 2002. “Pendidikan Demokrasi Melalui Pengelolaan Asertivitas dan Atribusi Siswa Terhadap Sikap dan Perilaku Berdemokrasi : Studi Pengembangan Pendekatan Pendidikan Demokrasi untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung” (halaman 140-158). Jurnal Pendidikan Program Pascasarjana UPI.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subandrio. 2002. Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) dengan Pendekatan Komprehensif di Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri 2 Bantul Tahun Pelajaran 2001/2002.Tesis(tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sugiyono. 2013b. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi, 2003. Evaluasi Pedidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi aksara.

Suryadi. 1999. “Demokratisasi Pendidikan Demokrasi”, Mimbar pendidikan. Jurnal Pendidikan No. 1 Tahun XVIII.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20301

Article Metrics

Abstract view : 376 times
PDF file view : 262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.