Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Biologi Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Proses Sains dan Karakter

Authors

  • I G N Yuda Pranata Jurusan Pendidikan IPA Program Studi Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I B Putu Arnyana Jurusan Pendidikan IPA Program Studi Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20303

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains dan Krakter siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan keterampilan proses sains dan karakter siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung, (2) perbedaan keterampilan proses sains antara kelompok siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung, (3) perbedaan karakter siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung.Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan non equivalent postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah304 siswa dan sampel penelitian yang digunakan adalah 76 siswa. Data dikumpulkan dengan tes keterampilan proses sains dan lembar observasi karakter siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik menggunakan analisis MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa.(1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal keterampilan proses sains dan karakter siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing dan siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung (F = 1,114; p<0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan  dalam hal keterampilan proses sains antara siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung (F = 8,443; p<0,05), (3) terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal karakter siswa antara siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung (F = 223,287; P<0,05), selanjutnya analisis LSD menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih unggul dibandingkan dengan model pengajaran langsung baik dalam keterampilan proses sains dan karakter siswa.

References

Akhlis, I. N., R. Dewi. 2014. “Perangkat pembelajaran Science Berorientasi Cultural Deviance Solution Berbasis Inkuiri Menggunakan Ict Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik”, Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 86-94.

Arnyana, I. B. P. 2011. Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ambarsari, W, S, Santosa, Maridi. 2013. “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta”, Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 81-95.

Dimyati & Mudjiono, 2015, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta

Hermawati, M. N. W. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Penguasaan Konsep Biologi danS ikap Ilmiah Siswa SMA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Artikel. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Khusniati, M. 2014. “Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi”. Indonesian Journal of Conservation. 3(1), ISSN: 2252-9195.

Miftakhul, J. Sugianto & Sarwi. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Nilai Karakter Melalui Inkuiri Terbimbing Materi Cahaya Pada Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama”. Journal of Innovative Science Education. 1(1). ISSN 2252 – 6412.

Nurohman, S. 2010. Penerapan Seven Jump Method (SJM) Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadia, I. W. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik, Yogyakarta: Graha Imu.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfbeta.

Suwandri, H. N. M. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Siswa SMP. Tesis. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warianto, C. 2011. Biologi sebagai ilmu. Makalah. Online. Diakses 9 Juni 2015.

Wagiran. 2011. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya), Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (3).

Yuniastuti. E. 2013, “Peningkatan Ketrampilan Proses, Motivasi, Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan”. Jurnal Penelitian Pendidikan.14(1).

Downloads

Published

2019-09-04

How to Cite

Pranata, I. G. N. Y., & Arnyana, I. B. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Biologi Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Proses Sains dan Karakter. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20303

Issue

Section

Articles