Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Biologi Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Proses Sains dan Karakter

I G N Yuda Pranata, I B Putu Arnyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan keterampilan proses sains dan karakter siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung, (2) perbedaan keterampilan proses sains antara kelompok siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung, (3) perbedaan karakter siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung.Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan non equivalent postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah304 siswa dan sampel penelitian yang digunakan adalah 76 siswa. Data dikumpulkan dengan tes keterampilan proses sains dan lembar observasi karakter siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik menggunakan analisis MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa.(1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal keterampilan proses sains dan karakter siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing dan siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung (F = 1,114; p<0,05), (2) terdapat perbedaan yang signifikan  dalam hal keterampilan proses sains antara siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung (F = 8,443; p<0,05), (3) terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal karakter siswa antara siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing dan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung (F = 223,287; P<0,05), selanjutnya analisis LSD menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih unggul dibandingkan dengan model pengajaran langsung baik dalam keterampilan proses sains dan karakter siswa.


Keywords


Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains dan Krakter siswa

Full Text:

PDF

References


Akhlis, I. N., R. Dewi. 2014. “Perangkat pembelajaran Science Berorientasi Cultural Deviance Solution Berbasis Inkuiri Menggunakan Ict Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik”, Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 86-94.

Arnyana, I. B. P. 2011. Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ambarsari, W, S, Santosa, Maridi. 2013. “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta”, Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 81-95.

Dimyati & Mudjiono, 2015, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta

Hermawati, M. N. W. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Penguasaan Konsep Biologi danS ikap Ilmiah Siswa SMA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Artikel. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Khusniati, M. 2014. “Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi”. Indonesian Journal of Conservation. 3(1), ISSN: 2252-9195.

Miftakhul, J. Sugianto & Sarwi. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Nilai Karakter Melalui Inkuiri Terbimbing Materi Cahaya Pada Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama”. Journal of Innovative Science Education. 1(1). ISSN 2252 – 6412.

Nurohman, S. 2010. Penerapan Seven Jump Method (SJM) Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadia, I. W. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik, Yogyakarta: Graha Imu.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfbeta.

Suwandri, H. N. M. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Siswa SMP. Tesis. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warianto, C. 2011. Biologi sebagai ilmu. Makalah. Online. Diakses 9 Juni 2015.

Wagiran. 2011. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya), Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (3).

Yuniastuti. E. 2013, “Peningkatan Ketrampilan Proses, Motivasi, Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan”. Jurnal Penelitian Pendidikan.14(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20303

Article Metrics

Abstract view : 379 times
PDF file view : 334 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.