Peran Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Membangun Nilai Karakter Siswa melalui Implementasi Tri Hita Karana

Authors

  • I Gede Arsa Arimbawa Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Nengah Bawa Atmadja Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Natajaya Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20306

Keywords:

Peran guru pendidikan Agama Hindu, Tri Hita Karana, Nilai Karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui Nilai Tri Hita Karana belum bisa ditanamkan secra optimal di SMK N 3 Singaraja, (2) menganalisis peran guru pendidikan agama hindu dalam mengimplementasikan Tri Hita Krana sebagai upaya membangun nilai karakter siswa di SMK N 3 Singaraja, (3) menganalisis persepsi siswa terhadap Tri Hita Karana sebagai landasan budiperkerti dalam Agama Hindu di SMK N 3 Singaraja.Objek dalam penelitian ini adalah SMK N 3 Singaraja, sedangkan subjeknya yaitu guru agama hindu kelas XI TIPTL. Data dalam penyusunan penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Tri Hita Karana belum bisa ditanamkan secara optimal di SMK N 3 Singaraja karena faktor internal dan faktor eksternal. (2) Peran guru pendidikan Agama Hindu dalam mengimplementasikan Tri Hita Karana sebagai upaya membangun nilai karakter siswa di sekolah ditananamkan dengan mengintegrasikan ke setiap materi pembelajaran, pengembangan budaya sekolah, dan melalui kegiatan ekstra kurikuler. (3) Persepsi siswa terhadap Tri Hita Karana sebagai landasan Budipekerti dalam Agama Hindu mendapat respon yang baik sebab siswa memperoleh manfaat dari  pembelajaran Tri Hita Karana.

References

Aryadharma, Ni Kadek Surpi. 2005. Melahirkan Generasi Berkarakter Dewata. Kiat sukses Siswa Menurut Hindu. Denpasar: Pustaka Bali Post.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Depdiknas. 2011. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

http://www.sarjanaku.com/2011/08/pengertian-kesulitanbelajar.html. Diakses pada tanggal 3 Mei 2016

Pageh, I Made. 2010. Filsafat Sejarah. Undiksha: Singaraja.

Parimartha, I Gede. 2011. Nilai Karakter Bangsa Dan Aktualisasinya Dalam Kehidupan Masyarakat Bali. Denpasar: Udayana University Press

Rahmat, Jalaludin. (1996). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Sarlito W. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Thoha, Miftah. (2010). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta. C.V Andi Offset.

Wiana, I Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Paramita.

Downloads

Published

2019-09-04

How to Cite

Arimbawa, I. G. A., Atmadja, N. B., & Natajaya, I. N. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Membangun Nilai Karakter Siswa melalui Implementasi Tri Hita Karana. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20306

Issue

Section

Articles