Pengaruh Teknik Klarifikasi Nilai terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS

Made Sujana, I W. Lasmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik klarifikasi nilai terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SD. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa. Data yang dikumpulkan adalah minat belajar dan hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, minat belajar siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 60,474; p < 0,05). Kedua, hasil belajar IPS siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 18,344; p < 0,05). Ketiga, secara simultan minat belajar dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.


Keywords


Teknik Klarifikasi Nilai; Minat Belajar; Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Converta. 2007. Metode Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar. Terjemahan Bambang Sumantri. Teaching Elementary School Matematics for Understannding.

Djamarah. Syaiful Bahri 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta. Sinar Baru Algensindo.

Mulyana. 2004. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.

Murtiningsih. 2004. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pegajaran Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti.

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sindunata. 2001. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosda Karya.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung Alfabeta.

Sumantri, M dan Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direkturat Jendral Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Suweni, N. N. 2011. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika melalui Teknik klarifikasi nilai pada Siswa Kelas V SD No 1 Darmasaba Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20307

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF file view : 255 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is Published By:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: ivcej30@gmail.com


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.