Pengaruh Teknik Klarifikasi Nilai terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS

Authors

  • Made Sujana Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I W. Lasmawan Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20307

Keywords:

Teknik Klarifikasi Nilai, Minat Belajar, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik klarifikasi nilai terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SD. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa. Data yang dikumpulkan adalah minat belajar dan hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, minat belajar siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 60,474; p < 0,05). Kedua, hasil belajar IPS siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 18,344; p < 0,05). Ketiga, secara simultan minat belajar dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

References

Converta. 2007. Metode Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar. Terjemahan Bambang Sumantri. Teaching Elementary School Matematics for Understannding.

Djamarah. Syaiful Bahri 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta. Sinar Baru Algensindo.

Mulyana. 2004. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.

Murtiningsih. 2004. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pegajaran Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti.

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sindunata. 2001. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosda Karya.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung Alfabeta.

Sumantri, M dan Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direkturat Jendral Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Suweni, N. N. 2011. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika melalui Teknik klarifikasi nilai pada Siswa Kelas V SD No 1 Darmasaba Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2019-09-04

How to Cite

Sujana, M., & Lasmawan, I. W. (2019). Pengaruh Teknik Klarifikasi Nilai terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20307

Issue

Section

Articles