Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran Biologi Bermuatan Karakter terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter

Yosefina U. L., I. B. P. Arnyana, P. B. Adnyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui: perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan  karakter antara kelompok siswa yang mengikuti MPBM dan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter; perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (MPBM)  dan model pembelajaran langsung (MPL) pada pembelajaran biologi bermuatan karakter; perbedaan karakter antara kelompok siswa yang belajar dengan MPBM dengan kelompok siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 244 orang, sampelnya adalah 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan sampel dengan random assigment. Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan rancangan Non-equivalen Post test only Control Group Design. Data dianalisis dengan uji Manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah  dan karakter antara siswa yang belajar dengan MPBM dengan siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter (F=129,007; p<0,05); (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan MPBM dengan siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter (F=129,007; p<0,05); (3) Terdapat perbedaan karakter antara siswa yang belajar dengan MPBM dengan siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter (F=41,233; p<0,05).

 

 


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Karakter

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Sekolah Tetap Mengacu Paada BSNP. Penerapan KTSP Tahun 2009/2010. Tersedia Pada: http://www.e.kebumen.net. Diakses pada tanggal 14 November 2013

Dyahwati, P. Rahayu, E, S dan Susanti, R. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Bervisi Pendidikan Karakter. Journal of Education Resarch and Evaluation. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere diakses pada tanggal 13 November 2013. Hal 1-6

Ghufron, Anik. 2010. Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran dalam Cakrawala Pendidikan. Yogyakarta

Hair, J. E., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. 1995. Multivariate data analysis: fifth edition. Prentice-Hall International, Inc.

Masruri, 2010 Integrasi Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Montgomery, D. C 1996. Desaign and Analysis of Ekssperiment. Fitht Edition John Wiley & Sons, Inc: New York

Pulungan, F, R. 2012. Pengaruh Model pembelajaranPBL Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Perubahan Karakter dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika-Pascasarjana Universitas Negeri Medan. ISSN 2085-5281

Trilling, B. dan Hood, P. 1999. Learning Technologi and Education Reform in the Knowledge Age (“we,re Wired, Webbed and Windowed, Now What?” (Online rticle). (www.wested.org/cs/we/view/rs/654, diakses 9 November 2013)

Wiersma, W. 1991. Research Method In Education. Fith Edition. Allyn and Bacon: Boston

Yurmiyanti, S. Syafi,i, W dan Suryawati, E. 2012. Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan pemecahan Masalah dan Keterampilan Proses Siswa dalam Mata pelajaran Biologi. Jurnal penelitian




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20316

Article Metrics

Abstract view : 889 times
PDF file view : 1089 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




INDONESIAN VALUES AND CHARACTER EDUCATION JOURNAL IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: ivcej30@gmail.com


Indonesian Values and Character Education Journal is Indexed By:

 

  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.