Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kontekstual Berorientasi Pengembangan Karakter dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • I Made Yoga Wicaksana Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suparta Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Putu Suharta Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20319

Keywords:

Perangkat Pembelajaran Matematika, Kontekstual, Pengembangan Karakter, Motivasi Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran matematika kontekstual yang berorientasi pengembangan karakter yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SD Laboratorium Undiksha Singaraja sebagai subjek penelitian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa dan buku petunjuk guru. Buku siswa yang dimaksud adalahbuku matematika yang merupakan bagian dari buku tematik siswa. Penyajian materi secara kontekstual dan disesuaikan dengan budaya lokal siswa. Buku petunjuk guru mempunyai komponen-komponen berupa petunjuk penggunaan buku, persiapan mengajar, dan sajian bahan ajar serta tindak lanjut berupa pekerjaan rumah dan penekanan nilai karakter.Validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran didasarkan atas pendapat validator, respon guru dan siswa, serta hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran tersebut. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur penelitian desain dari Plomp yang meliputifase penelitian awal, faseprototipe, dan faseassesment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang diharapkan. Hasil dari penelitian menggunakan perangkat pembelajaran tersebut menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematikayang meliputi aspek kognitif dan afektif.

 

References

D’Ambrosio, U. 2002. The Role of Mathematics in Building a Democratic Society, dalam Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges, hal. 234 – 237.

Jaelani, A. 2011. Building Character Education In Learning Mathematic (International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education 2011 Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University Yogyakarta, July 21-23 -2011).

Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Suharta, IGP. 2012. Penelitian Desain. Bahan Ajar Perkuliahan (tidak diterbitkan). Singaraja : UNDIKSHA.

Suparta, 2014. Kontribusi Pendidikan Matematika dalam Pengembangan Nilai Kemanusiaan. Orasi Ilmiah Pengenalan Jabatan Guru Besar. Singaraja : UNDIKSHA.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2019-09-04

How to Cite

Wicaksana, I. M. Y., Suparta, I. N., & Suharta, I. G. P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kontekstual Berorientasi Pengembangan Karakter dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(2), 83–91. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20319

Issue

Section

Articles