Implementasi Pendidikan Tekhnohumanistik Berbasis 4c Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik

Authors

  • Budi Kurniawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Kupang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27219

Keywords:

Technohumanistic education, 4C, student character values

Abstract

Era globaliasi ini membuat makna pendidikan telah kehilangan entintasnya karena masih hanya sebatas transfer ilmu serta olah pikir, tetapi tidak membangun karakter siswa. Dampak globalisasi berpengaruh terhadap bergesernya orientasi pendidikan sehingga pendidikan saat ini terkesan mereduksi nilai-nilai budaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi pendidikan tekhnohumanistis berbasis 4C dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan library research (penelitian kepustakaan). Teknik pengumpulan data dengan dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku, literatur berupa jurnal ilmiah, tesis, dan disertasi, peraturan, ketetapan, dan sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik lain. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu metode content analysis. Hasil penelitian yaitu Pendidikan tekhnohumanistik dapat mengontrol kecakapan pendidikan abad 21, yaitu dengan menanamkan nilai-nilai karakter bagi peserta didik yang diakibatkan perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang pesat pada era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, implementasi pendidikan tekhnohumanistik berbasis keterampilan 4C, meliputi critical thinkingcreativity and innovation, communication dan collaboration dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan abad 21. Kebutuhan pendidikan abad 21 bukan saja hanya menfokuskan ke ranah kognitif, psikomotorik, dan metakognitif saja tetapi harus menanamkan nilai karakter (moral) yang ada dalam ranah afektif.

References

Bennett, W. J. (2011). The Book of Virtues for Young People: A Treasury of Great Moral Stories. New York: Simon & Schuster.

Canboy, B., Montalvo, A., Buganza, M. C., & Emmerling, R. J. (2016). ‘Module 9’: a new course to help students develop interdisciplinary projects using the framework of experiential learning theory. Innovations in Education and Teaching International, 53(4), 445–457. https://doi.org/10.1080/14703297.2014.975150 DOI: https://doi.org/10.1080/14703297.2014.975150

Dantes, N. (2012). Pendidikan Tekhnohumanistik (Suatu Rangkaian Perspektif dan Kebijakan Pendidikan menghadapi Tantangan Global). Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.

Elisa, Prasetyo, & Hadi. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121.

Handini, O., & Soekirno, S. (2019). Intensitas Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Pendekatan Saintifik Di Sd Kestalan Surakarta. Widya Wacana, 14(1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.33061/ww.v14i1.2760

Husni, R., & Norman, E. (2015). Deliberalisasi Pendidikan Karakter Respect and Responsibility’’ Thomas Lickona. Jurnal Tawazun, 8(2). Retrieved from http://150.107.142.43/index.php/TAWAZUN/article/view/1129

Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.92 DOI: https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.92

Kembara, Rozak, & Hadian. (2018). Research-based Lectures to Improve Students’ 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity) Skills. Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE), 1(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/icollite-18.2019.50, . 20019.11. DOI: https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.50

Klaus, K. (2010). Content Analysis: an Introduction to its Methodology (Second Edition). America: SAGE Publications.

Larasati. (2017). Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6).

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermaan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18. DOI: https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1). Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/741

Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5.

Mundiri, A. (2012). Pendidikan Tekhnohumanistik Berbasis Core Ethical Values. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(1), 37–47.

Natajaya, N., & Dantes, N. (2015). Perancangan Model Transpormasi Pendidikan Tekhnohumanistik yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4917 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4917

Nuraziza, & Suwarma. (2018). Menggali Keterampilan Creative Problem Solving yang dimiliki Peserta didik SMP melalui Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Jurnal WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941 DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941

Oviana, W. (2015). Kemampuan Mahasiswa Mengintegrasikan Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 (Kajian teoritis). Pionir Jurnal Pendidikan, 4(2). Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/183/164%0A

Pradana, Y. (2019). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1330 DOI: https://doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1883

Purwaningsih. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kepramukaan Kelas VIII di SMP Al Islam 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam IAIN Surakarta, 2(1). https://doi.org/https://onesearch.id/Record/IOS3497.libsys-029520

Putri, I. B. T. (2017). Penanaman Nilai-nilai Karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, 431–441. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/civics/article/viewFile/9414/9068

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824.

Santosa, A. D. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Siswa di MTsN Kanigoro Kras Kab. Kediri. Dikdaktika Religia, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30762/didaktika.v2i1.131 DOI: https://doi.org/10.30762/didaktika.v2i1.131

Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Setiawan, A. R. (2020). Desain Pembelajaran Tematik untuk Membimbing Siswa Sekolah Dasar dalam Memperoleh Literasi Saintifik. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/hk72p

Siraj, H. (2018). Pendidikan Teknohumanistik Etik (Suatu Rangkaian Perspektif Dan Kebijakan Pengmbangan Pendidikan Menghadapi Tantangan Global). Jurnal Studi Islam Dan Ilmu Pendidikan, 1(2). Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamahsuni/article/view/3466.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sung, T. K. (2018). Industry 4.0: A Korea perspective. Technological Forecasting and Social Change, Elsevier, 132(1), 40–45. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.11.005 DOI: https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.11.005

Supardi. (2010). Pegaruh Konsep Diri, Sikap Siswa Pada Matematika Dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362

Sviangga, Sunardi, & Trapsilasiwi. (2018). Analisis Kemampuan 4C’ Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Kadikma, 9(1), 17–23. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/8017/5651

Virani, Riastini, & Suarjana. (2016). Deskripsi Sikap Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7699.

Winaya, A. I. M. (2018). Efektivitas Implementasi Model Pembelajaran Tematik Berbasis Tekhnohumanistik dalam Pengembangan Nilai-Nilai Karakter pada Peserta didik SD Dwijendra Denpasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16524 DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16524

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Wuryandani, Sapriya, & Budimansyah. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286–295. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2168/pdf. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Downloads

Published

2020-07-21

How to Cite

Kurniawan, B. (2020). Implementasi Pendidikan Tekhnohumanistik Berbasis 4c Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 40–46. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27219

Issue

Section

Articles