Pengaruh Pola Asuh Autoritatif Orang Tua Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter

Authors

  • Ni Kadek Ratna Negara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27416

Keywords:

pola asuh autoritatif, pergaulan teman sebaya, pembentukan karakter

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh pola asuh autoritatif orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap pembentukan karakter siswa, dalam mengatasi kemerosotan karakter tanggung jawab dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini menggunakan rancangan “ex post facto” dengan studi pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD yang terdiri atas 8 kelas dengan jumlah siswa 289 orang. Sampel pada penelitian ditetapkan dari populasi dengan menggunakan teknik proportional random sampling diperoleh 168 sampel. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa angket pola asuh autoritatif orang tua, pergaulan teman sebaya dan pembentukan karakter dilengkapi dengan skala Likert. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan menggunakan analisis statistik infernsial dengan uji regersi linier sederhana untuk variabael bebas dan uji regresi ganda untuk variabel terikat. Hasil yang diperoleh yaitu menunjukkan nilai pola asuh autoritatif orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap pembentukan karakter diperoleh Fhitung = 3.10 pada taraf signifikansi 5% diporleh Ftabel = 3.05 sehingga Fhitung = 3.10> Ftabel = 3.05 dan kontribusinya sebesar 13,2%. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signgnifikan pola asuh autoritatif orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap pembentukan karakter. 

Author Biographies

Ni Kadek Ratna Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Maria Goreti Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abdullah, B., Radiansyah, R., & Akbar, A. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Banjarmasin. Inferensi, 9(2), 537. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560 DOI: https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560

Aminudin, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 25(5), 11, 26, 83. https://eprints.uny.ac.id/37886/ (Diakses 30 Januari 2019 Pukul 22:50 WIB)

Basri, B., & Dwiningrum, N. R. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 139–160. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273 DOI: https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273

Gralewski, J., & Jankowska, D. M. (2020). Do parenting styles matter? Perceived dimensions of parenting styles, creative abilities and creative self-beliefs in adolescents. Thinking Skills and Creativity, 38(August), 100709. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100709 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100709

Harlistyarintica, Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Pola Asuh Autoritatif dan Kebiasaan Makan Anak Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 867–878. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.617 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.617

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674 DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674

Liu, L., Xu, L., Xiao, X., Liu, L., & Li, Y. (2020). Positive influence of peers’ interpersonal character on children’s interpersonal character: The moderating role of children’s and peers’ social status. Journal of Adolescence, 79(January), 157–172. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2020.01.003 DOI: https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2020.01.003

Mar, A., Hasanah, A., & Saraswati, S. (2015). Pengaruh Perilaku Teman Sebaya Terhadap Asertivitas Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i3.3195

Mei-Ju, C., Chen-Hsin, Y., & Pin-Chen, H. (2014). The Beauty of Character Education on Preschool Children’s Parent-child Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431

Nasution, T. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Sosial & Budaya, 1(2), 1689–1699. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/1393/1130

Negara, P. A., & Latifah, L. (2015). Pengaruh Peranan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya, Dan Kompetensi Guru Terhadap Karakter Siswa Kelas Xi Ips Dalam Pembelajaran Ekonomi Di Sma 2 Kudus. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 203–210. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4698/4335

Pratiwi, K. E., Haniarti, & Usman. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Di Sd Negeri 38 Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(1), 31–41. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes DOI: https://doi.org/10.31850/makes.v3i1.288

Pratiwi, R. S., & Muhsin. (2018). Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Belajar Terhadap Disiplin Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638–653. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28281

Putro, K. Z. (2016). Pengaruh Pola Asuh Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Ra Arif Rahman Hakim Yogyakarta. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 97–108. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1091

Qibtiyah, M., Mahmudi, I., & Triningtyas, D. A. (2017). Pengaruh gaya hidup hedonisme dan pola asuh autoritatif terhadap penyiapan kehidupan berkeluarga pada remaja. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 82. https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1799 DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1799

Rohman, K. (2016). Optimalisasi Pendidikan Humanistik Di Sekolah Dasar: Studi Multisitus di SD Insan Mulia Surabaya dan SDS Wahidiyah Tulungagung. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1). https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.79-105 DOI: https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.79-105

Soraya, A. N., & Khafid, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pola Asuh Orang Tua, Cara Belajar Dan Peran Kelompok Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 560–560. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13661

Sudarmiani, S. (2013). Membangun Karakter Anak Dengan Budaya Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 1(1), 54–72. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i1.556 DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i1.556

Yanti, Y., & Jurusan, M. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329–338.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Negara, N. K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Autoritatif Orang Tua Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27416

Issue

Section

Articles