Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Melalui Media Visual Basic Application
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27601Keywords:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS, Media Visual Basic ApplicationAbstract
Pada saat ini masih dijumpai anak-anak yang memiliki karakter menyimpang, sedangkan sekolah sudah menerapkan pendidikan karakter. Penyampaian pendidikan karakter dengan cara ceramah dalam pembelajaran membuat anak bosan dan pendidikan karakter kurang tersampaikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan hasil pendidikan karakter di SD Negeri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian mix metod. Subjeknya yaitu anak didik kelas IV SD Negeri, objeknya yaitu pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan dilakukan dengan membuat RPP dan menyiapkan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan dilakukan dengan dua langkah, yaitu tahap pra-intruksional dan tahap intruksional. 3) Berdasarkan angket respon anak didik menunjukkan bahwa hasil rata-rata karakter anak didik adalah 11.11%. hal ini membuktikan bahwa karakter anak didik mengalami peningkatan. 4) Faktor penghambat: Program, sarana prasarana, pembinaan karakter, dan waktu pembuatan media. 5) Faktor pendukung: adanya tata tertib, adanya kerjasama dan interaksi warga sekolah dan anak didik yang baik, dan adanya motivasi dari wali murid.
References
Abdullah, B., Radiansyah, R., & Akbar, A. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Banjarmasin. Inferensi, 9(2), 537. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560 DOI: https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560
Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18 DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18
Arbayah. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu, 13(pendidikan), 220. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/26
Basari, A., Wahyudi, E., & Suardiman, S. P. (2013). Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Ips Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sd. Jurnal Prima Edukasi, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2629 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2629
Basri, B., & Dwiningrum, N. R. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 139–160. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273 DOI: https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273
Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–52. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511 DOI: https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511
Damanik, S. A. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Disability and Rehabilitation, 13(2), 16–21. https://doi.org/10.1080/14768320500230185 DOI: https://doi.org/10.1080/14768320500230185
Hasana, S. N. (2016). Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, 3(2), 30–40. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.40-57
Hasana, S. N., & Alifiani, A. (2019). Multimedia Development Using Visual Basic for Application (VBA) to Improve Students’ Learning Motivation in Studying Mathematics of Economics. Indonesian Journal of Mathematics Education, 2(1), 34. https://doi.org/10.31002/ijome.v2i1.1230 DOI: https://doi.org/10.31002/ijome.v2i1.1230
Hasana, S. N., & Maharany, E. R. (2017). Pengembangan Multimedia Menggunakan Visual Basic for Application (Vba) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 30. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.648 DOI: https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.648
Kiromim Baroroh. (2011). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing – Kiromim Baroroh. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(2), 149–163. DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i2.793
Ledang, I. (2019). Tradisi islam dan Pendidikan Humanisme: upaya Transinternalisasi nilai Karakter dan multikultural dalam Resolusi Konflik sosial masyarakat di indonesia. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 1, 105–128. https://conference.uin-suka.ac.id/pasca/jkii/article/view/1056
Mulyaningsih, I. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik diKelas IV SD Negeri Prembulan Galur Kulon Progo. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 16(2), 39–55. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2013.0625 DOI: https://doi.org/10.1377/hlthaff.2013.0625
Nasution, T. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Sosial & Budaya, 1(2), 1689–1699. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/1393/1130
Nurhayati. (2014). Jurnal Edukasi Matematika dan Sains,Vol.3 No.1. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3(1), 25–32.
Rasyid, H. A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1). https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9904 DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9904
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Novtiar, C. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. Supremum Journal of Mathematics Education, 3(2), 95–108. http://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1897
Rohman, K. (2016). Optimalisasi Pendidikan Humanistik Di Sekolah Dasar: Studi Multisitus di SD Insan Mulia Surabaya dan SDS Wahidiyah Tulungagung. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1). https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.79-105 DOI: https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.79-105
Sudarmiani, S. (2013). Membangun Karakter Anak Dengan Budaya Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 1(1), 54–72. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i1.556 DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i1.556
Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180
Suryaman, S., & Karyono, H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 10–18. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p010 DOI: https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p010
Sutiyono. (2013). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah: Sebuah Fenomena Dan Realitas. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(3), 309–320. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2753 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2753
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27332
Yuniardi, D. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial 1436 H / 2015 M.