Nilai Karakter Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler

Authors

  • Abu Rizal Bakri Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Sutrisno Sutrisno Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Qoriati Mushafanah Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.29811

Keywords:

Nilai Karakter, Ekstrakurikuler Menggambar

Abstract

Banyaknya masalah karakter yang dialami oleh Indonesia menguatkan urgensi penerapan pendidikan karakter. Selain itu, masalah moral yang terjadi akhir-akhir ini, seperti kasus kekerasaan di sekolah, kasus bullying, kasus pelecehan seksual dan masih banyak kasus yang lainnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler menggambar di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru pengajar ekstrakurikuler menggambar, guru kelas 1 dan 5, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler menggambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran ekstrakurikuler menggambar, meliputi nilai disiplin, toleransi, mandiri, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab yang telah dijabarkan dan sudah tercermin pada diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler menggambar. Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran ekstrakurikuler menggambar sudah memenuhi dan sesuai dengan indikator nilai-nilai karakter yang diharapkan. Implikasi penelitian ini yaitu dapat memberikan pemahaman mengenai analisis nilai karakter dalam kegiatan ekstrakulikuler menggambar, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian prestasi siswa dan sekolah.

References

Afifah, N. (2019). Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol Videoscribe. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2). https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.512.

Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition.’ Cambridge Journal of Education, 49(6), 695–710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529. DOI: https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529

Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2

Fauzi, A., & Khoiriyah, S. M. (2018). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu - Ahad) Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 295 – 306. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1603. DOI: https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1603

Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898. DOI: https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898

Hero, H. (2020). Implementasi Kegiatan Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SD Inpres Boru Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983.

Muhamad Nova. (2017). Character Education In Indonesia EFL Classroom Implementation and Obstacles. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650

Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 4(2), 747–756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Natajaya, I. N., & Yudana, I. M. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus Pada Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Marga Tabanan). Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(1).

Notara, V., Kanellopoulou, A., V.Diamantis, D., Antonogeorgos, G., Magriplis, E., Rojas-Gil, A., Kornilaki, E. N., Kostie, R., & Panagiotakosb, A. L. D. B. (2021). Extracurricular activities and childhood obesity: An epidemiological study among 10–12 years old children. Children and Youth Services Review, 120. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105760. DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105760

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603

Nuryanto, S. (2017). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dengan Metode Mendongeng Cas Cis Cus di Ba Aisyiyah Kaponan 2 Ponorogo. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.24914/pnf.v3i1.8732.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Purandina, Y., Putu, I., & Winaya, A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454. DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Rahmawati, M., & Harmanto. (2020). Pembentukan Nilai Karakter Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 59–72. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jcms/article/view/11881/pdf.

Rahmayani, F. (2019). Hubungan Karakter Mandiri Siswa dalam Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 87. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.510. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.510

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Ridlo, S., & Irsadi, A. (2012). Pengembangan Nilai Karakter Konservasi Berbasis Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 29(2), 124062. https://doi.org/10.15294/jpp.v29i2.5657.

Sasmito, & Mustadi. (2015). Developing learners’ tematik-integrative worksheet based on character education for primary school students. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8.

Simmons, S. F. (2005). Geological characteristics of epithermal precious and base metal deposits. 100th Anniversary Volume, 485–522. DOI: https://doi.org/10.5382/AV100.16

Sunarti, Sukadari, & Antini, S. (2020). Pengimplementasian Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Tari Nawung Sekar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 26–42. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27694. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27694

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27332.

Veronika, P., Setiawan, B., & Wardani, N. E. (2013). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Pendidikan Karakter Religius dalam Kurikulum 2013. Al-Harakah, 19(1), 53–77. https://doi.org/10.18860/el.v19i1.3929. DOI: https://doi.org/10.18860/el.v19i1.3929

Vykhrushch, V. O., Romanyshyna, L. M., Pehota, O. M., Shorobura, I. M., & Kravets, R. A. (2020). The efficiency of training a teacher at higher education institutions of different profiles. European Journal of Educational Research, 9(1), 67–78. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.67. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.67

Wahyuni, S., Isnarto, & Wuryanto. (2015). Pengembangan Karakter Kedisiplinan Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Laps-Heuristik Materi Lingkaran Kelas-Viii. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7594.

Wisnu Budi Wijaya, I. K. (2019). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 41–46. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737

Yulianti, D., S, R., H, S., & Diana, D. (2014). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bermuatan Sains Berwawasan Konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(1), 124422. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i1.5681.

Downloads

Published

2021-05-15

How to Cite

Bakri, A. R., Sutrisno, S., & Mushafanah, Q. (2021). Nilai Karakter Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Indonesian Values and Character Education Journal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.29811

Issue

Section

Articles