Penanaman Karakter Gemar Membaca melalui Kegiatan Literasi Sekolah pada Siswa Kelas III SDN Banjarsari 3 Kota Serang

Yuli Yulianti, Encep Andriana, Suparno Suparno

Abstract


Masalah Pendidikan mengenai kurangnya gemar membaca sangat memprihatinkan. Begitu banyaknya masyarakat Indonesia khususnya Provinsi Banten yang sampai saat ini belum bisa membaca, keadaan ini membawa pengaruh yang buruk terhadap kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi guru dalam menanamkan karakter gemar membaca melalui kegiatan literasi sekolah dan mengetahui hasil setelah ditanamkannya karakter gemar membaca pada siswa melalui kegiatan literasi sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN Banjarsari 3 khususnya Ibu Aat sudah baik dalam menanamkan karakter gemar membaca pada siswa melalui kegiatan literasi sekolah, semua itu dapat dilihat dari cara siswa mengikuti pembelajaran di kelas dan juga pernyataan yang Ibu Aat lontarkan kepada peneliti. Dalam penanamannya, pada kegiatan membaca di kelas berpengaruh/berdampak baik terhadap siswa. Berdasarkan pengamatan, siswa mampu membiasakan kegiatan membaca baik di sekolah maupun diluar sekolah setelah diterapkannya kegiatan literasi di kelas yang dilakukan setiap hari.

 


Keywords


Penanaman Karakter; Gemar Membaca; Literasi Sekolah

References


Ardy, Novan dan Barnawi. (2014). Format PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aziz. (2017). Literasi untuk Berdakwah dan Membangun Peradaban. Tulungagung. IAIN Tulungagung Press.

Barnawi & Arifin, M. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Faizah, Dewi Utama, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Joenaidy, A. M. (2018). Guru Asyik, Murid Fantastik!. Yogyakarta: DIVA Press.

Kusema, dkk. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2016). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi, (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca. Bandung: Angkasa Bandung.

Wiedarti, Pangesti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.30534

Article Metrics

Abstract view : 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




INDONESIAN VALUES AND CHARACTER EDUCATION JOURNAL IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: ivcej30@gmail.com


Indonesian Values and Character Education Journal is Indexed By:

 

  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.