ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI KARAKTER FILM ANIMASI ANAK “DIVA THE SERIES” KARYA KASTARI ANIMATION

T. Rizkia Arnolia, Mohammad Kanzunnudin, Lintang Kironoratri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan nilai karakter yang terdapat dalam film animasi Diva The Series karya Kastari Animation. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis struktur yang dikemukakan oleh Stanton. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yang bersumber pada data yang valid untuk kemudian dianalisis menggunakan kartu data. Hasil penelitian dalam film Diva The Series memuat 5 struktur cerita yang meliputi alur, penokohan, latar, tema, amanat dan 5 nilai karakter yakni karakter religius dalam episode “Pergi Tadarus”, karakter nasionalisme dalam episode “Hari Kartini”, karakter kemandirian dalam episode “Belajar Jualan”, karakter gotong royong dalam episode “Masjid dan Pemuda Punk”, dan karakter integritas dalam episode “Jujur Itu Keren”.


Keywords


Struktur; Nilai karakter; Animasi Diva The Series

References


Ahsanulkhaq, Moh. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Pedagogia, 1 (2), 21-33.

Aisyah, Eny Nur, Retno Tri Wulandari. 2019. Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme Melalui Dongeng dan Tari (DORI) Bagi Anak Usia Dini. Golden Age:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), 26-34.

Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta:Deepublish.

Bakar, Kosasih Ali Abu, Idris HM Noor, widodo. Penumbuhan Nilai Karakter Nasioanlis Pada Sekolah Dasar di Kabupaten Jayapura Papua. Cakrawala Pendidikan, 1, 42-56.

Cahyono, Guntur, Nibros Hassani. 2019. Youtube:Seni Komunikasi Dakwah dan Media Pembelajaran. Jurnal Dakwah,13 (1), 023-038.

Wati, Chrisna Dian dan Dikdik Baehaqi Arif. 2017. Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 60-63.

Miles, Mattew B dan Amichael Hubermen. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.Nasution, Toni. 2018. Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah, 1 (2), 1-18.

Mulyani, Desti, Syamsul Ghufron, Akhwani, Suharmono Kasiyun. 2020. Peningkatan Krakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura:Jurnal Pendidikan, 2 (11), 225-238.

Nasution, Toni. 2018. Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah, 1 (2), 1-18.

Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1 (1), 24-44.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung:Alfabeta.Rosikum. 2018. Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak. Jurnal Kependidikan, 6 (2), 293-308.

Redjeki, Dwi Prawani Sri, Jefri Heridiansyah. 2013. Memahami Sebuah Konsep Integritas. Jurnal STIE Semarang, 3 (5), 1-14.

Rosikum. 2018. Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak. Jurnal kependidikan, 6 (2), 293-308.

Sayekti, Octavian Muning. 2019. Film animasi “Nusa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” Sebagai Sarana Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8 (2), 164-171.

Stanton, Robert. (2007). Teori Fiksi. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2018. Permendikbud.

Wardani, Meita Septiana, Nur Rahmah Irianti Nugroho, Muhammad taufiq Ulinnuha. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1 (1), 27-33.

Yanti, Citra Salda. 2015. Religiositas Islam dalam Novel Ratu yang Bersujud Karya Amrizal Mochamad Mahdavi. Jurnal Humanika, 3 (15).

Yusutria, Rina Febriana. 2019. Aktualisasi Nilai-nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 1 (8)




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.31999

Article Metrics

Abstract view : 857 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Values and Character Education Journal is Published By:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: ivcej30@gmail.com


Indonesian Values and Character Education Journal is indexed by:

 

Akreditasi SINTA  JPI Undiksha OneSearch Crossref JPI  BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.