Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerita Raja Gembul Karya Soesilo Toer

Authors

  • Moh Luqman Hakim UniversitaUniversitas Muria Kudus
  • Muhammad Noor Ahsin UniversitaUniversitas Muria Kudus
  • Much Arsyad Fardani UniversitaUniversitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i2.32667

Keywords:

Pendidikan Karakter, Raja Gembul, Sumber belajar

Abstract

Pendidikan karakter merupakan elemen yang penting bagi siswa, khususnya anak-anak di sekolah dasar. Pendidikan karakter diharapkan mampu menumbuhkan karakter siswa sesuai dengan ideologi bangsa. Melalui bacaan-bacaan yang telah tersusun dalam buku pembeajaran, anak-anak mempelajari nilai-nilai karakter yang ada. Tetapi tidak menutup kemungkinan anak-anak mempelajari nilai karakter dari sekitar mereka, baik secara mandiri maupun melalui bimbingan guru dan orang tua. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kumpulan cerita Raja Gembul karya Soesilo Toer. Hasil penelitian ini menunjukkan dari sembilan belas cerita yang telah dianalisis, terdapat delapan belas nilai karakter dalam buku kumpulan cerita Raja Gembul karya Soesilo Toer. Nilai-nilai karakter yang dianalisis dalam buku ini sesuai dengan Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (2010) yang disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, bersumber dari agama, Pancasila, kebudayaan, dan pendidikan nasional.

 


References

Ahmadi, R. (2014). Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Ardianti, S. D., & dkk. (2018). Pakem: dalam Kurikulum 2013. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Badan Penelitian dan Pengembangan. (2010). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdiknas.

Dewi, N. L., Putrayasa, B., & I Gede Nurjaya. (2014). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Relevansinya Terhadap Pengajaran Pendidikan Karakter Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sasstra Indonesia Undiksha.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. urnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Edisi Khusus III, 280-289. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519

Kurniawan, B. (2020). Implementasi Pendidikan Tekhnohumanistik Berbasis 4C Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal IVCEJ Undiksha. DOI: https://doi.org/10.51518/lentera.v4i2.92

Manaf, H. A. (2020). Penerapan Nilai Karakter Peduli Lingkungan MelaluiProgram Bank Sampah Oleh Aisyiyah . Jurnal Prakarsa Paedagogia , Vol. 3 No. 2, 168-174. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5856

Narti. (2018). Peningkatan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Metode Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VIII C SMP Ta'mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Empirisme, 29-42.

Putra, H. M. (2020 ). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas . Jurnal Prakarsa Paedagogia , Vol. 3 No. 1, 97-104. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5088

Rohman, S. (2020). Pembelajaran Cerpen. Jakarta: Bum Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan; pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toer, S. (2020). Raja Gembul. Blora: Pataba Press.

Widaningsih, I. (2019). Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. DOI: https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213

Zhayoga, I. (2020). Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa. Jurnal IVCEJ, Undiksha.

Published

2021-02-25

How to Cite

Hakim, M. L., Noor Ahsin, M., & Fardani, M. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerita Raja Gembul Karya Soesilo Toer. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i2.32667

Issue

Section

Articles