PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Ni Wayan Juniati, I Wayan Widiana

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui  hasil belajar IPA pada penerapan model pembelajaran Inkuiri pada  siswa  kelas IV SD No.5 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDNo.5 Gulingan, sebanyak 20 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik  deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVdi SD No.5 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswasebesar 72,75% pada kategori sedang dan meningkat menjadi 80% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 7,25%. Jadi model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No. 5 Gulingan Tahun Pelajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A Gede. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja:Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto, Suharsimi. 2009. ”Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Aunurahman,Ulfah.2012. Stop Hipertensi. Yogyakarta : Familia

Ariyanti, 2011/2012. Penerapan Model Pembelajaran PKN siswa kelas V SD No.

Gulingan

Bundu, Patta.2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah (Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar). Jakarta: Depdiknas.

Brahim, S, D. dan Zain, A. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Carin, Antur A. 1993. Teacing modern science. Sixth edition. New York: merril. Publishers.

Eggen.P.d., Kauchak. 1006. Strqategies of Teachers. New Jersey: Prentice-Hall Inc Enflewood Cliffs.

Febriyani, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 4 Selat Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo

Imas Kurniasih S. Pd & Berlin Sani, 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru

Kunandar. (2011). Guru Profesional (implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan {KTSP}). Jakarta: PT Rajawali PersKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkancana, Sunartana, 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurhadi, 2003, Pembelajaran Kontekstual: Jakarta, Gramedia Widiasarana.

Prof. Dr. A.A. Gede Agung, M.Pd. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Setiawati , Dkk. 1993. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka

Suharsimi Arikunto, 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Thobroni, Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jakarta:Ar-Ruzz Media

Trianto, 2012. Model Pembelajaran Terpadu konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum KTSP

Trianto, M.Pd. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Usman Samatowa, 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Winata Putra, H. Udin,S, (1992), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka.

Winkel,.S. (2002). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.