PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA pada penerapan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SD No.5 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDNo.5 Gulingan, sebanyak 20 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVdi SD No.5 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswasebesar 72,75% pada kategori sedang dan meningkat menjadi 80% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 7,25%. Jadi model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No. 5 Gulingan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Referensi
Agung, A.A Gede. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja:Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.
Arikunto, Suharsimi. 2009. ”Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Aunurahman,Ulfah.2012. Stop Hipertensi. Yogyakarta : Familia
Ariyanti, 2011/2012. Penerapan Model Pembelajaran PKN siswa kelas V SD No.
Gulingan
Bundu, Patta.2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah (Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar). Jakarta: Depdiknas.
Brahim, S, D. dan Zain, A. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Carin, Antur A. 1993. Teacing modern science. Sixth edition. New York: merril. Publishers.
Eggen.P.d., Kauchak. 1006. Strqategies of Teachers. New Jersey: Prentice-Hall Inc Enflewood Cliffs.
Febriyani, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 4 Selat Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014
Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo
Imas Kurniasih S. Pd & Berlin Sani, 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru
Kunandar. (2011). Guru Profesional (implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan {KTSP}). Jakarta: PT Rajawali PersKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Jakarta: Bumi Aksara.
Nurkancana, Sunartana, 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nurhadi, 2003, Pembelajaran Kontekstual: Jakarta, Gramedia Widiasarana.
Prof. Dr. A.A. Gede Agung, M.Pd. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Setiawati , Dkk. 1993. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka
Suharsimi Arikunto, 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Thobroni, Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jakarta:Ar-Ruzz Media
Trianto, 2012. Model Pembelajaran Terpadu konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum KTSP
Trianto, M.Pd. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Usman Samatowa, 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Winata Putra, H. Udin,S, (1992), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka.
Winkel,.S. (2002). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi