Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks dengan Penggabungan Metode Pembelajaran Berbasis Teks dan Kerja Kelompok

Authors

  • Veronika Napitu PPG SM-3T PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12332

Keywords:

Metode Pembelajaran Berbasis Teks, Menulis Teks Prosedur

Abstract

Keterampilan menulis teks merupakan salah satu keterampilan yang wajib dikuasai oleh siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Hanya saja pada kenyataannya, tidak semua siswa mampu menulis dengan baik karena kurangnya pelatihan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan metode pembelajaran berbasis teks dan kerja kelompok terhadap keterampilan menulis teks pada peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama, dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes dan metode kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis teks dan kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan menulis teks peserta didik. Skor rata-rata keterampilan menulis teks prosedur pada siklus I sebesar 71,66 dengan ketuntasan klasikal sebesar 45,71%. Terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai peserta didik  78,86 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,14%. Respon peserta didik pada siklus I 40,11 dengan kategori positif, sedangkan pada saat siklus II naik menjadi 43,74 pada siklus II dengan kategori positif. Jadi, terjadi peningkatan keterampilan menulis teks prosedur siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis teks dan kerja kelompok.

References

Adeninawaty, D., Soe’oed, R., & Ridhani, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi Think Talk Write dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 75–88. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.11.

Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture and Picture untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30. https://doi.org/10.24269/adi.v2i1.887.

Darlan, Chairil, & Elly. (2021). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Teks pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII B SMP Negeri 1 Majene Sulawesi Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Meningkatkan, 3(2), 1–23. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/142.

Devi, P. C. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101–114. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.13.

Dewantara, A. A. N. B. J., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20462.

Engliana, E., Dwiastuty, N., Miranti, I., & Nurjanah, N. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Cerita Rakyat pada Pelajaran Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.28814.

Estrini, D. (2021). Penerapan Genre Based Approach (Gba) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris SMPN 1 Panimbang. Teacher : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(1), 96–101. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i1.544.

Faiza, F. S., & Erowati, R. (2021). Tingkat Kemampuan Berbicara Pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Tingkat Pemula Menggunakan Tes Teks Deskripsi. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(2). https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3883.

Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47–57. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12689/8852.

Henny, A., & Fatmasari, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Permainan Chain Word Flag. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.312.

Hikmatin, T. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 286. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i03.6696.

Kiuk, Suputra, & Adnyani. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Strategi Please. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39207.

Koswara. (2021). Meningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Berbasis Projek pada Siswa SMP. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1008–1015. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.186.

Mabruri, Z. K. (2021). Pengelolaan Bahasa untuk Pembelajaran di Indonesia. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1078–1085. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1609.

Miran, M. A., & Tampubolon, B. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Kerja Kelompok Kelas V SDN 09 Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 7(3), 1–16. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24635/75676576162.

Munggaraning, S., & Westhisi. (2019). Metode Fonik dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud, 5(1). https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p29-43.1271.

Musa, M. Q. (2019). Pembelajaran Menulis Bahasa Inggris Menggunakan Edmodo. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 100. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i1.1157.

Narasintawati, L. S., Huraiyah, & Aliyah, S. (2020). Penerapan Genre Based Approach (GBA) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris SMP. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 1–9. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/110/64.

Papasi, J. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri I Totikum Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 339. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2879.

Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 201–222. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.78.

Prakoso, A. R., Seriardana, P., & Adnyani, L. D. S. (2021). Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39206.

Puwerman. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Belajar Bahasa Indonesia melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Point System bagi Siswa Kelas X SMAN 16 Tebo. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 329–335. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i4.633.

Rahma, A. F., Atmazaki, & Abdurahman. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/100704-019883.

Ramadania, F. (2016). Konsep Bahasa Berbasis Teks pada Buku Ajar Kurikulum 2013. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2). https://doi.org/10.33654/sti.v1i2.372.

Ratnawati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembuatan Strip Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 481–495. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286867.

Rustini, M. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran berbasis Teks pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIIA. Jurnalwawasan Pengembangan Pendidikan, 9(2). http://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada/article/view/276/204.

Sijabat, R. I., & Dinar, F. (2019). Pengaruh Metode Kerja Kelompok terhadap Hasil Belajar Keselamatan Kerja Siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 17(2). https://doi.org/10.24114/jkss.v17i2.16470.

Sobandi, H. R. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kompetensi Menulis dalam Teks Prosedur melalui Model Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas IX MTs Negeri 5 Kuningan Tahun Pelajaran 2019/2020. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(2), 116. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.3506.

Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239.

Sulissusiawan, A. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksposisi pada Siswa SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Sambas Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 8(9). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/36117/75676583204.

Sulistyowati, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Berbicara Teks Prosedur elalui Metode Presentasi Power Point Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Peserta Didik Kelas IX G Semester 1Tahun Pelajaran 2017 / 2018 SMP Negeri 1 Tugu. Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature, 2(1), 79–100. https://doi.org/10.29100/bright.v2i1.741.

Suryani, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Prosedur melalui Metode Demonstrasi Kelas IX A SMP Negeri 1 Pogalan. Language : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 115–122. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.483.

Trisnadewi, K., Brahma, A. A. G. R. W., & Monny, M. O. E. (2020). Pemanfaatan Cartoon Story Maker, Sebuah Teknologi Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Menulis Bahasa Inggris. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 179–187. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2487.

Uddin, A., & Oktaviarini, N. (2019). Analisis Kemampuan Bercerita Siswa dengan Metode Kerja Kelompok Kecil Siswa Kelas III Tema 6 Energi dan Perubahannya di SD Negeri 02 Penjor Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(2), 41–47. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.510.

Utama, S. (2019). Menulis Teks Berbentuk Procedure melalui Model Pembelajaran Make a Match. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.4113.

Utami, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Teks Procedure melalui Media Quizziz Pada Peserta Didik Kelas IXE Semesrter I SMP Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Mutiara Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.51544/mutiara%20pendidik.v6i2.2383.

Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). Penggunaan Komik Digital Toondoo dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Menengah. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 1. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Napitu, V. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks dengan Penggabungan Metode Pembelajaran Berbasis Teks dan Kerja Kelompok. Journal of Education Action Research, 5(4), 459–464. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12332