Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IX

Authors

  • Ikbal Ikbal Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12333

Keywords:

Menulis Cerpen, Model Mind Mapping

Abstract

Pembelajaran menulis lebih banyak disajikan dalam bentuk teori, tidak banyak melakukan praktik menulis. Hal ini mengakibatkan kurangnya kebiasaan menulis siswa, sehingga mereka sulit menuangkan ide mereka dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa di kelas IX dengan menerapkan model Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah tes uraian yang sama untuk pretes dan postes, sebanyak 1 soal. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah jumlah siswa yang memenuhi atau lebih dari KKM minimal sebesar 85%. Hasil penelitian pada siklus I, nilai posttes yang diperoleh adalah 22 siswa (59,45%) yang mencapai ketuntasan belajar (KKM) dengan nilai rata – rata 73,51. Setelah dilakukan refleksi dari siklus I dan beberapa perbaikan, maka pada siklus II, nilai postes mengalami peningkatan yaitu 32 siswa (86,48%) yang mencapai ketuntasan belajar (KKM) dengan nilai rata – rata 84,32. Hasil penghitungan diperoleh kektuntasan klasikal pada siklus kedua lebih besar dari ketuntasan klasikal minimal yaitu 86,48 % > 85 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran ini pada proses pembelajaran.

Author Biography

Ikbal Ikbal, Universitas Pendidikan Ganesha

dae ikbal, Nusa Tenggara Barat

References

Al Hakim, M. F. (2021). Peran Guru dan OrangTua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/.

Andayani, T., & -, A. (2018). Improving Students’ Ability in Writing Narrative Text by Using Picture Series for the Eight Grade Students of Junior High School. JOALL (Journal of Applied Linguistics & Literature), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33369/joall.v1i2.4174.

Astuti, N. P. A. W., Ardana, I. K., & Suardika, I. W. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Mind mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Mengwi. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1231.

Azis, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD di Kelompok Bermain Fun Islamic School. AL-Athfaal, 2(2), 100 – 110. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927.

Boerma, I., van der Wilt, F., Bouwer, R., van der Schoot, M., & van der Veen, C. (2021). Mind mapping during Interactive Book Reading in Early Childhood Classrooms: Does It Support Young Children’s Language Competence? Early Education and Development, 1–17. https://doi.org/10.1080/10409289.2021.1929686.

Buran, A., & Filyukov, A. (2015). Mind mapping Technique in Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 206. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.010.

Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800.

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620.

Firmansyah, A. (2021). Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 60–65. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3373.

Fitriani, S. A., & Nurchasanah. (2017). Keefektifan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1683–1691. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10333.

Kiong, T. T., Yunos, J. M., Mohammad, B., Othman, W., Heong, Y. M., & Mohamad, M. M. (2012). The Development and Implementation of Buzan Mind Mapping Module. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.464.

Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049.

Maulina, H., Intiana, S. R. H., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmian Profesi Pendidikan, 6(3), 482 – 486. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.276.

Merchie, E., & Keer, H. Van. (2016). Mind Mapping as a Meta-Learning Strategy: Stimulating Pre-Adolescents’ Text-Learning Strategies and Performance? Contemporary Educational Psychology, 46. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2016.05.005.

Nugraheni, I. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Education, 4(3), 322–329. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085.

Nuzulia, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Papercraft terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.564.

Pascual, M., Miñana, E. P., & Giacomello, E. (2016). Integrating Knowledge on Biodiversity and Ecosystem Services: Mind-mapping and Bayesian Network Modelling. Ecosystem Services, 17. https://doi.org/10.1016/j.ecoser.2015.12.004.

Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711.

Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586.

Sartono, N., Komala, R., & Dumayanti, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terintegrasi Mind mapping terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Filum Arthropoda. BIOSFER : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1). https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.4.

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362–373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353.

Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 65 – 67. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92.

Susilo, S. V., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1199.

Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video dan Gambar terhadap Keterampilan Menulis Kelas V. Jurnal Prima Edukasi, 5(1), 22 – 34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693.

Wu, T.-T., & Chen, A.-C. (2018). Combining E-Books with Mind Mapping in A Reciprocal Teaching Strategy for A Classical Chinese Course. Computers & Education, 116. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.08.012.

Yamtinah, Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Ikbal, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IX. Journal of Education Action Research, 5(4), 465–471. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12333