Penggunaan Metode Peta Pikiran untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Resensi Novel

Authors

  • Olivia Juni Rosita Hutagalung Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12343

Keywords:

Metode Peta Pikiran, Hasil Belajar, Resensi Novel

Abstract

Meresensi sebuah novel merupakan salah satu bahan ajar yang dibelajarkan untuk melatih kemampuan menulis serta meningkatkan minat siswa. Hanya saja tidak semua siswa mampu meresensi novel dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis resensi novel peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran peta pikiran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Tiap siklus penelitian terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 32 orang siswa kelas XI SMA. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes kemampuan menulis siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianlisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif menggunakan rumus persentase. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 17 peserta didik lulus KKM/ tuntas atau 53% peserta didik mendapat nilai di atas KKM (82) dan 15 peserta didik tidak lulus KKM/ tidak tuntas karena mendapatkan nilai dibawah nilai KKM (82). Dengan demikian, indikator keberhasilan belum tercapai, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil siklus II diperoleh bahwa dari 32 peserta didik yang mengikuti tes, maka sebanyak 30 peserta didik lulus KKM/ tuntas atau 94% peserta didik mendapat nilai di atas KKM (82) dan 2 peserta didik tidak lulus KKM/ tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa menulis resensi novel setelah dibelajarkan dengan menggunakan metode peta pikiran.

References

Afriyanti, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menulis Teks Descriptive Mata Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 32–45. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.244.

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 147–158. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.959.

Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Populer Mahasiswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Pembuatan Media Story Board. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 29–46. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020103.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35.

Bunga, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMK. Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 1(2), 153. https://doi.org/10.26418/ekha.v1i2.29520.

Cemara, G. A. G., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895.

Damanik, E., & Tansliova, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW tntuk Menulis Karangan Persuasi. Jurnal Artikulasi, 2(1), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.36985/artikulasi.v2i1.150.

Erviana, Y., Munifah, S., & Mustikasari, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Kata dengan APE DADU Cerdas. Jurnal Mentari, 1(2), 94–102. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/129/169.

Fitriana, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Mind Map terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas XI SMA PAB 9 Patumbak Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018.

Gadri, H. H. (2018). Pembelajaran Membuat Resensi Drama dengan Teknik Think Talk Write pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Cileunyi, Bandung. Jurnal Artikula, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.30653/006.201811.6.

Harfika, H., Thahir, R., & Hambali, H. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Minat Belajar Biologi Konsep Monera Siswa Kelas X SMA. Binomial, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.481.

Ibda, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (TUTER TENSI). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i1.1998.

Latifah, A. Z., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020.

Lizawati, L., Kusnita, S., Herlina, H., Lahir, M., Wulansari, F., Uli, I., Sulastriana, E., Yuniarti, N., & Hariadi, T. (2021). Pendampingan Menulis Resensi Novel sebagai Upaya Gerakan Literasi Cerdas Di SMPN 6 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i2.2421.

Muhafidin. (2018). Pembelajaran Menulis Wacana Deskripsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 3(September), 44–49. https://doi.org/10.33222/lensa%20pendas.v3i2.269.

Nugraha, V., Permana, I., & Permana, A. (2018). Pembelajaran Menulis Resensi Novel Pertemuan Dua Hati Dan Laskar Pelangi Menggunakan Teknik Comparing. P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 55. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p55-61.966.

Nurjanah, S., & Heryana, N. (2019). Pembelajaran Menulis Resensi Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35647/75676582935.

Paramita, S., & Hartati. (2018). Pengembangan Model Mind Mapping Berbantuan Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Paragraf. Joyful Learning Journal, 7(2). https://doi.org/10.15294/jlj.v7i2.24726.

Pramunita, R. N. (2021). Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Peta Pikiran untuk Melatih Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 40–47. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.196.

Pratiwi, V. U., Nofrahadi, Pendri, A., Komalasari, D., & Sumarwati. (2021). Penilaian Ranah Afektif dalam Bentuk Penilaian Keterampilan Menulis dengan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Sekolah Dasar. GERAM, 9(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(1).6817.

Purwantiningsih, S. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 3(1), 19–27. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/79/53.

Putri, E., Wulan, S., & Siahaan, D. (2021). Strategi Pembelajaran Ekspositori terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(1), 49–53. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/issue/view/63.

Rahmayanti, W., & Arifin, E. Z. (2020). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(01), 77. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6686.

Ramaniyar, E., & Rosanti, K. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran The Power of Two terhadap Kemampuan Menulis Resensi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 308. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1009.

Rusli, M. (2021). Bibliobattle Sebagai Sarana Meningkatkan Minat dan Keterampilan Siswa dalam Meresensi Buku di Masa Pandemi Covid-19. Jira: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 643–651. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.128.

Ruspa, A. R. (2019). Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 210–220. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.7.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985–2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029.

Sapitri, N. Y. dwi. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Keterampilan Menulis Resensi Cerpen Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 69. https://doi.org/10.33087/aksara.v4i1.168.

Sari, K. W. M., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 2(3), 246. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15964.

Sarumaha, F. (2019). Penerapan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X IPS SMA Kristen Hosana Medan 2018/2019. Asas: Jurnal Sastra, 8(2). https://doi.org/10.24114/ajs.v8i2.15441.

Scorpiana, R. (2020). Penggunaan Media Permainan (Teka Teki Dadu) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Siswa Kelas IX A SMP Negeri 3 Bintan. Jurnal Kiprah, 8(2), 132–142. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.1633.

Septiani, D., Maemunah, S., & Awla, V. (2021). Pelatihan Penulisan Resensi Karya Sastra di SMK Giri Taruna 2 Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/ 10.30651/hm.v2i2.8595.

Sinulingga, A. S., & Juliani, R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Hasil Belajar Siswa. Inpafi (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(3). https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5575.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42/38.

Sumaryanto, P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Resensi Buku dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 1(1), 281–304. https://core.ac.uk/download/pdf/267884784.pdf.

Warahmah, M., Mawardi, & Nurasiah. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dengan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.24815/jimps.v5i1.15083.

Yogini, D. N. S., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Buzz Group dalam Pembelajaran Menulis Resensi Cerita Pendek di Kelas Xi SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20623.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Hutagalung, O. J. R. (2021). Penggunaan Metode Peta Pikiran untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Resensi Novel. Journal of Education Action Research, 5(4), 489–495. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12343