Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Berceramah) Siswa SMK

Authors

  • Mustakim Mustakim Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12346

Keywords:

Metode Mind Mapping, Keterampilan Berbicara

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang agar dapat berkomunikasi dengan individu lainnya. Hanya saja tidak semua orang mampu berbicara dengan baik, khususnya berbicara di depan umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran berceramah pada siswa SMK dengan menerapkan metode mind mapping. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 32 orang siswa SMK. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, angket, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yakni tes kemampuan berbicara serta lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata kemampuan berbicara siswa yakni 77,3 yang berada pada kategori baik dan meningkat menjadi 86,5 pada siklus II. Secara klasikal meningkat dari 50% pada siklus I menjadi 84,3% pada siklus II. Selain itu, penerapan metode mind mapping juga mendapatkan respons yang positif. Hal ini ditunjukkan pada data respons siklus I dengan skor 19,03 % dengan kategori positif dan meningkat menjadi 20,8 % kategori positif pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara efektif.

References

Afriyanti, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menulis Teks Descriptive Mata Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 32–45. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.244.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35.

Armariena, D. N. (2020). Penulisan Makalah Mahasiswa pada MKU Bahasa Indonesia dengan Metode Mind Mapping. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 258. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.4147.

Darmuki, A. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687.

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 256–267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343.

Ekaningtyas, D. P. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama. Paedagogie, 13(2), 71–76. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2368.

Firmansyah, M. B. (2017). Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi untuk Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 119–125. http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/ download/96/86.

Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41–49. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p041.

Hermansyah, A. K., Suyono, S., & Hasanah, M. (2017). Desain Pembelajaran Berbicara untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Kemanusiaan melalui Bermain Peran. Jurnal Edukasi, 4(1), 38. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5089.

Hidayati, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Pendekatan Komunikatif Kelas V SD Padurenan II di Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 83. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.83-95.

Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578.

Husada, A., Untari, M. F. A., & Tsalatsa, A. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran pada Siswa. Journal of Education Action Research, 3(2), 124. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17268.

Kartikawati, D. (2020). Pelatihan Pidato untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar di Jakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3695.

Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 1(02). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.70.

Liniswarti, L. L. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Belajar Bahasa Inggris melalui Penggunaan Media Pembelajaran Invitation pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Muara Bungo. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 22–32. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.569.

Maria, Y., Kara, D. K., & Liru, M. W. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Mapping dan Rasa Percaya Diri terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4980–4986. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1600.

Masita, M., & Wulandari, D. (2018). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping pada Pembelajaran IPA. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 75–82. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i1.16509.

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (SEMIBA), 306–319. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/ 11151.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.34.

Priatna, A., & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2139.

Putri, H. N., Sunarti, I., & Samhati, S. (2017). Kemampuan Berpidato Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(4), 1–23. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/14509/10576.

Rezeki, N., Syahrial, & Surya, Y. F. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 946–954. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.301.

Riyanto, A. (2020). Penggunaan Video Sebagai Media Tutorial Pembelajaran terhadap Kemampuan Berceramah Siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3(2). https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i2.1111.

Saharah, S., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan Teknik Mind Mapping pada Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–15. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.

Sarumaha, F. (2019). Penerapan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X IPS SMA Kristen Hosana Medan 2018/2019. Asas: Jurnal Sastra, 8(2). https://doi.org/10.24114/ajs.v8i2.15441.

Satriyo, E. (2021). Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Proses Pembelajaran Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berpidato Siswa Kelas IX. JURNAL ABIWARA, 2(5). http://www.e-jurnalnasional.com/index.php/abiwarajurnal/article/view/ 37/18.

Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44.

Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Menulis Cerita Pendek Kearifan Lokal Menggunakan Model Mind Mapping Siswa SD Kota Samarinda. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 171–184. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.1941.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.

Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Studi Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.24269/muaddib.v7i01.552.

Supadmi, N. L., Wiratma, I. G. L., & Merta, L. M. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MIA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 48. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i2.12811.

Tambuna, P. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 2(1). https://doi.org/10.36764/jc.v2i1.109.

Warahmah, M., Mawardi, & Nurasiah. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dengan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.24815/jimps.v5i1.15083.

Wijayanti, A. Y. (2020). Kuliah Keterampilan Berbahasa SD dengan Metode Role Playing pada Mahasiswa Semester V Program Studi PGSD Undaris Ungaran. Jurnalwawasan Pengembangan Pendidikan, 8(2). https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada/article/view/ 171/128.

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Mustakim, M. (2021). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Berceramah) Siswa SMK. Journal of Education Action Research, 5(4), 447–452. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12346