Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Taktik dan Strategi Permainan Sepak Bola pada Peserta Didik Kelas XII SMA

Authors

  • Yustinus Ronald Patty Diaz Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12355

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Kooperatif Tipe TGT

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa karena guru belum menjelaskan materi secara jelas dan lengkap. Guru mempratikkan gerakan terlalu cepat. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan hasil belajar taktik dan strategi permainan sepak bola melalui aplikasi pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada peserta didik kelas XII SMA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas XII berjumlah 30 orang dengan rincian 13 orang putra dan 17 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar taktik dan strategi permainan sepak bola pada kompetensi sikap sebesar 80, pengetahuan 80, dan kompetensi keterampilan sebesar 80. Rata-rata nilai hasil belajar pada siklus II pada kompetensi sikap sebesar 85, pengetahuan 85, dan kompetensi keterampilan sebesar 85. Ini berarti bahwa hasil belajar taktik dan strategi permainan  sepak bola meningkat melalui aplikasi pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada peserta didik kelas XII SMA. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Alamsyah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96.

Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2019). Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 181. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086.

Aspa, A. P. (2020). Pengaruh Daya Tahan dan Kecepatan terhadap Kinerja Wasit Sepak Bola C1 Nasional PSSI Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 116–122. https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1044.

Barnaba, & Asruddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Media Anagram dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Improving the English Vocabulary Mastery Through Anagram Media in Cooperative Methods of Study Teams Games Tournament Type. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Pjok) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186.

Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440. https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.

Kurniawati, K. R. A., Budiyono, & Saputro, D. R. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw san Numbered Heads Together Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 15–28. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3948.15-28.

L.E., E. P. (2018). Cooperative Learning Dengan Model TGt (Teams Games Tournament) Materi Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2:), 85–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88.

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331.

Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199–205. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Novion, Z. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menganalisis Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Sepak Bola. Journal Sport Area, 3(1), 87 – 93. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1412.

Nurfajriah, S., Netriwati, N., & Widyastuti, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Sandi Semaphore Pramuka terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3178–3189. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.825.

Permatasari, N. E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Gambar. Jpsd, 3(2), 96–104. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2131.g2695.

Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., & Cahaya, I. M. E. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 281–292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496.

Purwantini, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960.

Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15.

Septiyan, G. D. (2017). Pengaruh Model Teams Games Tournament terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 106–116. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5547.

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298.

Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Auntentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066.

Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluas Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774.

Yun Ismi Wulandari, Sunarto, dan S. A. T. (2015). Implementasi Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(5). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/7275/5057.

Downloads

Published

2021-12-26