Metode Air untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X

Authors

  • Lastri Elfrida Simanjuntak Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12358

Keywords:

Metode AIR, Menulis Teks Eksposisi

Abstract

Kurangnya pemahaman tentang teori teks eksposisi dan kurangnya praktik langsung menulis teks eksposisi pada siswa kelas X. Hal tersebut membuat siswa cenderung pasif dan merasa bosan dengan proses pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode air untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 30 orang dengan rincian 10 orang putra dan 20 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksposisi siklus I yaitu sebesar 78,9 dan rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksposisi pada siklus II yaitu sebesar 90,9. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,0. Maka, hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi meningkat melalui penerapan metode AIR. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan keterampikan menulis teks eksposisi.

Author Biography

Lastri Elfrida Simanjuntak, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905.

Andayani, T., & -, A. (2018). Improving Students’ Ability in Writing Narrative Text by Using Picture Series for the Eight Grade Students of Junior High School. JOALL (Journal of Applied Linguistics & Literature), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33369/joall.v1i2.4174.

Aprelia Dea Ayu, Sunan Baedowi, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar Ilmu, 7(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.

Astuti, R., Yetri, Y., & Anggraini, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kemagnetan Kelas IX SMP N 1 Penengahan Lampung Selatan. Inodesian Journal Of Science and Mathematics Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2765.

Bonatua, D. S., Mulyono, D., & Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1462.

Dewi, A. D. Y. R., & Kristiantari, M. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Multimedia terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 75–86. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24479 .

Elinawati, W., Duda, H. J., & Julung, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Sainsmat, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.701.

Fitriana, M., & Ismah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.59-68.

Gusrita, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN 1 Sarolangun. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.192.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770.

Linuwih, S., & Sukwati, N. O. E. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Energi Dalam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 158–162. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3352.

Naitili, C. A., Suardana, I. M., & Ramli, M. (2019). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(5), 660—667. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12463.

Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Metode Drill pada Siswa Kelas 1 SD. Journal of Elementary Education, 02(January), 18–25. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/3084/804.

Puspitasari, R. P. (2012). Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Remaja Putus Sekolah. Psikologi: Teori & Terapan, 3(1), 58–66. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n1.p58-66.

Putri, F. W., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155–166. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22916.

S, K. F., Harsiati, T., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Keterampilan Menulis Teks Cerpen dan Teks Fabel untuk Siswa SMP/MTS Yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(3), 421 – 427. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6168.

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87–96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709.

Wahyuni, S., Subiyantoro, S., & Fadhilah, S. S. (2018). Assisted Learning and Auditory Intellectual PRepetition for Pupil’s Mastery in Undha Usuk. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 13 – 25. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.17987.

Widyaningrum, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Contoh di Buku Halus dan Drill pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Jajartunggal III Surabaya. Pendidikan Dasar, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i01.722.

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1. https://doi.org/10.21009/pip.311.1.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Simanjuntak, L. E. (2021). Metode Air untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X. Journal of Education Action Research, 5(4), 496–500. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.12358