PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERRED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12691Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No. 2 Mengwi tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Mengwi yang berjumlah 26 orang terdiri dari 15 orang laki – laki dan 11 orang perempuan. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes. Setelah data dalam penelitian ini diperoleh, selanjutnya data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Hasil yang diperoleh adalah Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 75,38% , dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,38. Dari siklus I ke siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 5,96% yaitu 81,34% dengan rata–rata hasil hasil belajar siswa sebesar 81,34. Maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Mengwi.
References
Agung, A.A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Suatu Pengantar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.
Agustin, Setya & Aryanto, Sugeng. Antara, Sukma. 2013. The Effect Of Using Numbered Head Together Technique On The Eighth Grade Students’ Reading Comprehension Achievement At Smpn 2 Tanggul Jember Jurnal Pancaran. 2 (3). 201-210.
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arini. 2009. Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Tersedia pada http://yusti-arini.blogspot.com/2009/08/model-pembelajaran-kooperatif.html (diakses tanggal 17 Februari 2013).
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara
Dimyanti & Mudjiono. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud.
Hakim, Timorida Maliani. 2008. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berfasilitas Media Power Point Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2008/2009. Singaraja. Tidak diterbitkan.
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada.
Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta : Rajawali Pers.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena.
Kusumaningtyas, Y. P., & Kusmayadi, T. A. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write ( Ttw ) Dan Numbered Head Together ( Nht ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Konsep Diri Belajar Matematika Siswa Di Smp Negeri E-Kabupaten Blora. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(2), 215–225.
Miaz, Y. (2015). The Implementation Of Numbered Heads Together To Improve The Students’ Achievement Of Social Sciences In Primary School. Research Journal of Social Sciences. 8 (10). 40-45.
Nur, Mohamad. 2005. Pembelajaran Kooperatif.Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Puspa, D., Danti, N., Suprayitno, I. J., Prihaswati, M., Konstruktivisme, P., & Belajar, P. (2015). Perbandingan Pembelajaran Number Head Together Dengan Team Assisted Individualization Berpendekatan, 2(April). JKPM. 2 (1). 15-21.
Santyasa, I Wayan dan Sukadi. 2009. “Model – model Pembelajaran Inovatif” Makalah disajikan dalam pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Undiksha. Singaraja : Tidak diterbitkan.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Slavin, R.E.. 1995. Cooperative Learning. Allyn & Bacon. A Simon & Aschuster Company.
-------. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktek). Bandung: Nusa Media
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar &Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka.