Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Wenning Berbantuan e-UKBM untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik

Authors

  • Luh Emy Kertiasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16334

Abstract

Science is essentially about product (scientific knowledge) and process (scientific inquiry). Science product and process have an equally important position in learning. However, the learning process about science, especially Biology, in the classroom only aims to understand and implement the concept, principle, and biological law. This causes students' scientific skills to be low. One of efforts that can be done to improve scientific skills is by implementing inquiry-based learning assisted by e-UKBM. This study aims to improve the students’ scientific skills and to determine the response of students to the learning that is applied. The subjects in this study were 27 students in class XI IPA 2 in SMA Negeri Bali Mandara in the odd semester of Academic Year 2018/2019. Scientific skills in this study were measured using an observation sheet. Based on this research, it was found that the students’ scientific skills had exceeded minimal learning completeness. Therefore, this study had succeeded in improving the students’ scientific skills.

References

Arief, dkk. 2015. Penerapan Level Of Inquiry Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP.

Atmojo, dkk.2017. Profil Kemampuan Menganalisis Model Pembelajaran Level Of Inquiry Untuk Pembelajaran Materi IPA Berbasis HOTS Pada Calon Guru.

Febriyani, 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 4 Selat Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Mimbar PGSD Vol 1 No 1 .

Juniati, Ni Wayan dan I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 20-29.

Jus Pariatna, I Wayan & Ida Bagus Nyoman Sudria, Ngadiran Karto Wasono. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Topik Laju Reaksi”. Jurnal Wahana Matematika Dan Sains, Volume 9, Nomor 1, April 2015 38.

Kristianingsih, dkk. 2010. Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle pada pokok pahasan alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 10-13

Lukma, Ika. 2014. “Penerapan Model Inkuiri Melalui Pemberian Bantuan (Scaffolding) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V SD dalam Mata Pelajaran Fisika”. E-Journal Pendidikan Program Studi Pendidikan Dasar-Matematika SD, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. 7(2). 27-43. Tersedia pada http://www.unm.ac.id. Diakses pada 6 Mei 2017.

Marheni, Ni Putu & I Nyoman Suardana. “Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal pada Pembelajaran Sains Kimia SMP”. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, Volume 8 Nomor 2, Oktober 2014 (87)

Mariati. Y. 2014. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD e-Journal STKIP NU Indramayu, Jawa Barat 6 (12). 1-5. Tersedia pada http://www.stkippnuiac.id. Diakses pada 23 April 2017

Metaputri, Ni Kadek dan Ni Nym. Garminah. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Minat Belajar terhadap Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 49, Nomor 2, Juli 2016, hlm. 89-97

Sumarti.S.,Rahayu.S.,Madlazim.2015. “Pembelajaran IPA dengan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Hypermedia dan Media Riil Ditinjau gaya Belajar dan Kemampuan Awal”. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran. 2 (2). 45-52. Tersedia pada http://www.unes.ac.id. Diakses 8 April 2017.

Suryaningsih, Ni Made Ayu & I Made Elia Cahaya, Christiani Endah Poerwati. 2016. “Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 5, No. 2, Oktober 2016 (212-220).

Wenning, C. J., Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes, Journal of Physics Teacher Education Online, 2(3), hlm. 3-1

Wenning, C.J. & Khan, M.A. (2011). Sample learning sequences based on the Levels of Inquiry

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Emy Kertiasih, L. (2018). Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Wenning Berbantuan e-UKBM untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik. Journal of Education Action Research, 2(4), 363–369. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16334