Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i1.17082Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio pada mata pelajaran PKn dikelas IV SD No. 3 Pelaga. Jenis metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan alur putaran spiral Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 3 Pelaga yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas instrumen dengan menggunakan expert judgement (pendapat ahli). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar PKn, untuk ranah kognitif mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), untuk ranah afektif dan psikomotorik telah mencapai kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan proses belajar mengajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa dari 73,64 menjadi 82,27 pada siklus 2References
Anita Lie. 1997. Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Budimansyah, Dasim. 2002. Model Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Genesindo.
Darmayanti, N.P.D., Wiarta, I.W. and Agustika, G.N.S., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran STAD berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, Volume 2, Nomor 3, pp.228-236.
Dewi, D.A.P.H., 2018. Pengaruh Pendekatan Kontextual Teaching and Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, Volume 1, Nomor 3.
Fauzia, I.S., Diana, S. and Kusnadi, K., 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Portofolio terhadap Penguasaan Konsep Angiospermae dan Sikap Siswa SMA terhadap Sains. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, Volume 1, Nomor 2, pp.62-69.
Malian, Sobirin dan Marzuki Suparman. 2003. Pendidikan Kewarganagaraan dan. Hak Asasi Manusia. Yogyakarta: UII Pres.
Ningtyas, D.A., 2018. Pengaruh Penerapan Asesmen Portofolio Proses dalam Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batu. Jurnal Pendidikan Biologi, Volume 9, Nomor 1, pp.1-9.
Purwani, N.P.R., Darsana, I.W. and Manuaba, I.B.S., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal of Elementary Education, Volume 2, Nomor 3, pp.165-172.
Suhardjono dan Supardi.2007. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulastri, S., 2018. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Portofolio pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Keteguhan. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 11, Nomor 2, pp.65-82.
Suyanto. 1996. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: UP35D IKIP. Bandung: Angkasa.
Wulandari, P., Abadi, I.B.G.S., SE, M. and Suniasih, N.W., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share berbasis Penilaian Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun 2017/2018. MIMBAR PGSD Undiksha, Volume 6, Nomor 3.
Wulandari, K.E., Suarni, K. and Renda, N.T., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, Volume 2, Nomor 3, pp.240-248.
Ulum, Z. and Anggraini, D., 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Di Smp Negeri 1 Torjun. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, pp.8-15.