Penerapan Model Pembelajaran Role Play untuk Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Prosedur Penanganan Barang Bawaan Tamu

Siti Nurul Rahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran Role Play dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar dalam menangani  barang   bawaan   tamu   yang tiba di hotel  pada mata  pelajaran front-office siswa kelas XII AP-3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun .pelajaran 2017/2018. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan bentuk guru sebagai peneliti. Subyek penelitian yang akan dijadikan penelitian adalah siswa kelas XII AP-3 di SMK Negeri 2 Singaraja, semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah siswa 38 terdiri atas 22 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I nilai rata- rata hasil belajar siswa mencapai 83,6 yang berada pada kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 89,5 berada pada kategori sangat baik. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 66% berada pada kategori baik. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100% dalam kategori sangat baik. Jadi model pembelajaran Role Play dengan seting belajar kelompok dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar prosedur penanganan barang bawaan tamu individu saat tiba di hotel pada mata pelajaran Front-office di kelas XII AP-3 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Adnyani, L.D.S. dan P.E. Dambayana. (2012). ”Penerapan Teknik Role Play Dengan Bantuan Video Pada Mata Kuliah Speaking 2 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha Tahun Ajaran 2011/2012“. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 3, No. 1, April 2014.

Dedi Rizkia Saputra. (2015). “Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten”. Jurnal PGSD UNY Vol 2 No 3

Desi Susanty. (2017). “Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Dalam http://Semnasfis.Unimed.Ac.Id E-Issn: 2549-5976 P-Issn: 2549-435x 259 Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Kanca, I.N. (2006). Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Uno, HamzahB. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta, BumiAksara.

Uno, Hamzah B. (2007). Pengantar Teori Belajar dan PembelajaranCet. II. Gorontalo: Nurul Jannah

Rustiyah, N.K. (1994). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sadirman. A.M. (2003). Interaksi dan Semangat Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Tarigan, Arleni. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Role Playinguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iii Sd Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukuiarleni Tarigan”. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau | Volume 5 | Nomor 3 | Edisi Khusus HUT PGRI Ke-71 Tanggal 25 November 2016.

Wahyuningsih , Sri Lestari. (2016). “Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas Vi Slb C1 Dharma Mulia Semarang “. Sekolah Luar Biasa C/C1 Dharma Mulia Semarang

Warsini. (2012). ”Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar”. Jurnal Univ.Lampung Vol 2 No 1




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i1.17083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.