Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tata Hidang

Ni Luh Astrini Laksemiwati

Abstract


Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar tata hidang melalui implementasi model pembelajaran Tutor Sebaya pada siswa Kelas XI A5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa XI A5 SMK Negeri 2 Singarja dengan jumlah siswa 41 orang yang terdiri dari 23 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan, sedangkan objek penelitian ini pada mata pelajaran tata hidang adalah materi tata cara pelayanan makanan dan minuman di restoran menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah dipersiapkan, sedangkan data hasil  belajar siswa dikumpulkan dengan pemberian tes esai kepada siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model Tutor Sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tata Hidang siswa kelas XI A5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018

Full Text:

PDF

References


Daryanto.(2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Niken Sholi. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 3 no 1.

Nurmala Nurmala, Sukayasa Sukayasa, Baharuddin Paloloang. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 20 Toli-Toli Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online Untad. Vol 4 No 9.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Setiawan, Hendri. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukasada. Jurnal PJOK Undiksha. Vol 2, No1.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i1.17084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.