Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Mengeja Penulisan Nama Tamu pada Slip Rak Kamar Mata Pelajaran Menyediakan Layanan Akomodasi Reception melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya

Ni Luh Sutiari

Abstract


Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar siswa dalam mengeja penulisan nama tamu pada  slip rak kamar mata  pelajaran menyediakan layanan akomodasi reception melalui metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas XII P 2 semester II SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas XII P 2 semester II SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan objeknya adalah pemahaman dan aktivitas belajar siswa. Data pemahaman siswa dikumpulkan dengan tes, sedangkan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa pemahaman dan aktivitas belajar siswa dalam mengeja penulisan nama tamu pada  slip rak kamar mata  pelajaran menyediakan layanan akomodasi reception meningkat dengan menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas XII P 2 Semester II SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018

Full Text:

PDF

References


Afriyuni Yonanda. (2017). Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Pkn Tentang Sistem Pemerintahan Melalui Metode M2m (Mind Mapping) Kelas IV Mi Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 3 No.1 edisi Januari.

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Al Fatoni. (2014). Upaya dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran matematika dengan metode demonstrasi pada siswa kelas II MI Ma’arif Tanjung Anom.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Fitria Tri Wardani. 2013. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Vol 2, No 6.

Lukman Nulhakim. (2016). Pengaruh Frekuensi Pemberian Catatan Perbaikan Pada Latihan Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1 Edisi Agustus.

Pramudia R. A. (2016). Tingkat Pemahaman Siswa Kelas 5 Tentang Keselamatan dalam Pembelajaran Penjasorkes di Sd Negeri 5 Wates. Jurnal Tingkat Pemahaman Siswa UNY. Vol 2 No 1.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yani Nurhaeni. 2016. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IX SMPN 43 Bandung. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-an UPI. Vol 10, No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i1.17086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.