Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Rias Wajah Khusus dan Kreatif (Cikatri)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i1.17088Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Rias Wajah Khusus dan Kreatif (Cikatri) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI Tata Kecantikan 1 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan bentuk guru sebagai peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan 1 yang berjumlah 36 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar Rias Wajah Khusus dan Kreatif (Cikatri) secara klasikal sebesar 33,33 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 61,11 (aktif) dan meningkat menjadi 100 (aktif) pada siklus II. Analisis data ketuntasan hasil belajar pada observasi awal sebesar 27,78%, setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 38,89% dan meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar Rias Wajah Khusus dan Kreatif (Cikatri) meningkat melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI Tata Kecantikan 1 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru Tata Kecantikan dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHTdalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Rias Wajah Khusus dan Kreatif (Cikatri).References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Astrawan, I Gede Budi.2012.”Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD N 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4ISSN 2354-614X
Monawati, M. Yamin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas IV Sdn Lamsayeun. JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala. Vol. 3 No.4, Oktober.
Mutia Agisni Mulyana, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah UPI. Vol 1 No 1.
Nursyamsi SY, Aloysius Duran Corebima, Herawati Susilo. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 1 No 10 Edisi Oktober.
Pukjiwati. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Kelas IV SDN Sumur 03. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA Universitas Muria Kudus. Volume 7 (2).
Rasyid Dan Mansur. (2008). Penilaian Hasil Belajar.Bandung: CV Wacana PrimaJurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4ISSN 2354-614X242
Rika Fima Yenni. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol 9 No 2.
Siti Nuryanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV Sd Negeri 3 Tondo. Jurnal Diknas. Volume 2 No 2.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryanto. (2009). Evaluasi Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syuaib, Dahlia. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Palu: Edukasi Mitra Grafika
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April.