Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia

Ni Made Muliartini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia kelas XI A 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang dijadikan sumber data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI A 3 SMK Negeri 2 Singarja dengan jumlah siswa 36 orang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitiannya adalah pemahaman dan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia pada materi menyiapkan dan membuat hidangan nasi dan mie dengan menggunakan model tutor sebaya. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan data pemahaman belajar siswa menggunakan tes. Apabila data sudah terkumpul, dilanjutkan ke tahap analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman dan aktivitas belajar siswa kelas XI A 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 secara efektif dapat ditingkatkan setelah diterapkannya model pembelajaran tutor sebaya

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Hasan, S.A., Handayani, M.M. and Psych, M., 2014. Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa tunarungu di sekolah inklusi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(2), pp.128-135.

Indrianie, N.S., 2015. Penerapan model tutor sebaya pada mata pelajaran bahasa inggris reported speech terhadap hasil belajar peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).

Kurniawan, R.I. and Jaedun, A., 2018. Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti SMK N 2 Wonosari. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 6(4), pp.32-42.

Nurmiati, N. and Mantasiah, R., 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).

Sarini, N.K., Sudana, D.N. and Riastini, P.N., 2018. Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD di Gugus II Santalia Melalui Tutor Sebaya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), pp.94-102.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulfah, A.N. and Ariati, J., 2018. Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Pada Santri Pesantren Islam Al-Irsyad, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Empati, 6(4), pp.297-301.

Wati, L. and Anafiah, S., 2018. Implementasi Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Anak Berkesulitan Belajar Khusus Di Sd Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman siswa. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i1.17089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.