Meningkatkan Minat & Hasil Belajar Siswa dalam Berkomunikasi Bahasa Inggris melalui Metode Role Play pada Mata Pelajaran Memproses Reservasi Siswa

Luh Suardani

Abstract


Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memproses reservasi dalam berkomunikasi bahasa Inggris pada mata pelajaran memproses reservasi  siswa kelas XI AP 2 semester ganjil SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya metode role play. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI AP 2 semester ganjil SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang. Sedangkan objeknya adalah minat belajar dan hasil belajar siswa. Data minat belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Play dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memproses reservasi dalam berkomunikasi bahasa Inggris pada mata pelajaran memproses reservasi  siswa kelas XI AP 2 semester ganjil SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018

Full Text:

PDF

References


Baroroh, K., 2011. Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2).

Fatmaningsih, Z., Sugiharto, D.Y.P. and Hartati, M.T.S., 2018. MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN BERLALU LINTAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1).

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1998. The Action Research Planner, Third Edition. Victoria: Deakin University.

Khairani, R., Lipoeto, N. I., & Ristiono, B. (2018). Perbandingan Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Gigi Metode Dongeng (Storytelling) Dengan Metode Bermain Peran (Role Play) Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Andalas Dental Journal, 5(1).

Lestari, E.D., 2018. Manajemen Persekolahan: Pengembangan Song, Word Map, Game dan Role Play Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Speaking Skill Dan Keterlibatan Siswa Kelas III SD Kristen Pelita Bangsa Lumajang. Manajemen Bisnis Kompetensi, 13(1).

Romadhona, F.T. and Yundra, E., 2018. Pengembangan Edugame Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game (Rpg) Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Tav Di Smkn 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2).

Soenanrno Adi. 2006. Front Office Management. Yogyakarta: Penerbit Andi

Yulia Siska. 2010. Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak Al-Kautsar. Bandar Lampung. Peneltian Tindakan Kelas.

Yohana, F.M., Pratiwi, H.A. and Susanti, K., 2019. Penerapan Metode Role Play Storytelling dengan Menggunakan Media Poster Pada Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Magenta| Official Journal STMK Trisakti, 3(1), pp.397-408.

Zaki, R., Werdati, S. and Dewi, F.S.T., 2009. Efektivitas Role Play, penayangan VCD dan modul dalam meningkatkan keterampilan komunikasi terapeutik mahasiswa Stikes Jenderal Ahmad yani Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 25(3), p.125.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i1.17090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.