Meningkatkan Kinerja Guru dalam Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Kolegial

Authors

  • I Made Darwis Wibawa SMK N 1 Sukasada

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i1.17092

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kinerja guru dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) supervisi kolegial di SMK Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah tergolong penelitian tindakan sekolah. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subyek penelitian adalah siswa seluruh guru yang tergolong guru tetap dan guru tidak tetap yang berjumlah 80 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Terjadi peningkatan kinerja guru setelah diberi pembinaan melalui supervisi kolegial yaitu dari 60,3% menjadi 64,6% ada kenaikan sebesar = 4,3% Dari sebelum pembinaan (siklus 1) dan setelah pembinaan oleh kepala sekolah sampai dengan  (siklus 3) ; 60,3% menjadi  64,6%, dan dari  (siklus 2) ke (siklus 3) juga ada peningkatan  sebanyak 82,2% - 64,6% = 17,6%. Rata-rata peningkatan kinerja guru dalam penyusunan silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP)  sebelum diberi pembinaan  naik dari 39,08%  menjadi  100%. Dari analisis data di atas bahwa pembinaan kepala sekolah melalui supervisi kolegial terbukti efektif diterapkan dalam meningkatkan kinerja guru melalui supervisi kolegial secara berkelanjutan.

References

Agustina, H. and INDRAWATI YULIANI, I., 2006. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru matematika dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (kbk) pada sekolah menengah atas Kota Palembang. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(7), pp.24-31.

Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformsi Pendidikan dam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 Juli 2001.

Anom. 2009. Materi Training of the Trainers (TOT) Calon Pengawas Sekolah, Kompetensi Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar – dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.

Dirjen PMPTK,2009.BBM Kelompok Kerja kepala sekolah dimensi kmpetensi evaluasi.Jakarta : PMPTK Depdiknas.

Djaali. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta.

Djatmiko, E., 2006. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan sarana prasarana terhadap kinerja guru smp negeri kota semarang. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 1(2).

Hidayat, Z., 2016. Pengaruh Stres Dan Kelelahan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMPN 2 Sukodono Di Kabupaten Lumajang. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 6(1), pp.36-44.

Murwati, H., 2013. Pengaruh sertifikasi profesi guru terhadap motivasi kerja dan kinerja guru di smk negeri se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE), 1(1), pp.1-10.

Peraturan No 12 Tentang Kompetensi Pengawas. 2007. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri No 13 Tentang Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri No 19 Tentang Standar Pengelolaan Sekolah/Madrasah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Setiyati, S., 2014. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), pp.200-206.

Wardana, D.S., 2013. Motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang sudah disertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), pp.98-109.

Wulan, S., 2013. Hubungan disiplin dengan kinerja guru SMA Negeri di tiga kecamatan Kota Depok. Jurnal Ilmiah Widya, 1(2), pp.106-112.

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Wibawa, I. M. D. (2019). Meningkatkan Kinerja Guru dalam Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Kolegial. Journal of Education Action Research, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.23887/jear.v3i1.17092